post-title

Pentingnya Mengajarkan Anak untuk Menabung

Sejak dini, anak sebaiknya sudah mulai diajarkan berbagai hal yang positif. Misalnya, rajin menabung💰, menjaga kebersihan, atau berbagi dengan sesama. Hal ini akan menjadi dasar kepribadian anak yang akan terus ia bawa hingga dewasa nantinya.


Bagaimana caranya agar anak tidak boros?

🤓Ajarkan anak untuk beramal

Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk beramal. Anda dapat memberikan pemahaman pada anak bahwa menabung tidak hanya dilakukan untuk memuaskan diri untuk membeli makanan atau mainan🎲, namun juga bisa dilakukan untuk menolong orang yang sedang kesulitan.

👩👨Menjadi contoh untuk anak

Sebagai orang tua, Anda dapat menjadi contoh yang baik bagi anak. Berikan contoh dengan tidak bergaya hidup yang berlebihan✨, misalnya sering membeli barang mewah yang tidak diperlukan. Maka, anak juga akan meniru hal yang dilakukan orang tuanya.

✔️Tidak memberikan uang jajan dalam jumlah yang berlebihan

Berikan anak uang jajan dalam jumlah yang pas atau tidak berlebihan. Hal ini agar anak🧒 membeli makanan sesuai dengan jumlah uang jajannya.

✨Hindari memberikan semua hal yang anak inginkan

Jika Anda terbiasa untuk selalu memberikan semua yang anak minta, maka sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan ini. Hal ini agar anak tumbuh menjadi pribadi yang berusaha, bekerja keras, dan bersabar🌬️ untuk mendapatkan hal yang ia inginkan.


Tips agar anak tertarik menabung!

🏦 Menggunakan celengan berbentuk menarik

Anda dapat memberikan anak celengan dengan bentuk yang menarik. Anda juga sebaiknya memberikan anak celengan dari bahan plastik tanpa bukaan kunci🔑. Hal ini untuk mencegah anak tergoda untuk membuka celengannya.

🎁Memberikan hadiah

Memberikan anak hadiah karena ia rajin menabung dapat menjadi cara agar ia terus bersemangat untuk menabung. Uang tabungan🪙 anak tidak banyak sehingga butuh waktu yang lama untuk membeli mainan yang ia inginkan. Jika tabungan anak telah mencapai 25% dari total harga barang, Anda dapat memberikannya hadiah supaya ia terus bersemangat.

💸 Menabung sambil bermain

Anda dapat mengajak anak berlatih menabung sambil bermain. Anda dapat bermain peran pembeli dan penjual di pasar dengan menggunakan uang mainan💲. Berikan anak uang kembalian sambil katakan padanya untuk menabungnya agar bisa ia gunakan nanti untuk membeli keperluan lain yang lebih penting.