post-title

Gangguan Ginjal pada Anak yang masih Misterius

Dalam dua bulan terakhir, kasus gangguan ginjal akut misterius yang menyerang anak di Indonesia tengah meningkat dengan tajam. Penyebab kemunculannya yang masih misterius👀 menjadi sorotan para ahli kesehatan.


Apa saja gejalanya?

Dilansir dari kumparanMom, terdapat beberapa gejala yang mengiringi kemunculan gangguan ginjal misterius ini, berikut bahasan selengkapnya.

🚽Intensitas buang air kecil menurun drastis

Intensitas buang air kecil anak yang menurun drastis merupakan salah satu gejala dari gangguan ginjal akut misterius ini. Bahkan, anak bisa tiba-tiba tidak buang air kecil🧻 sama sekali.

🤢Diare, muntah dan demam

Anak juga bisa mengalami diare, demam, atau muntah🤮. Selain itu, ada pula yang disertai dengan batuk dan pilek.


Bagaimana cara mencegahnya?

📝Waspadai gejala yang dialami anak

Waspadai gejala yang mungkin dialami anak. Seperti, tiba-tiba intensitas buang air kecil anak yang berkurang, atau tidak sama sekali, diare, batuk, pilek, demam☁️, atau muntah.

☘️Ajarkan gaya hidup sehat pada anak

Anda dapat mengajarkan gaya hidup sehat pada anak sejak dini. Contohnya dengan mencukupi asupan cairan tubuhnya, rutin berolahraga, menjaga berat badan anak tetap ideal, dan memberinya buah🍎 dan sayur.

📌Hindari minuman yang mengandung pemanis

Minuman🥤 yang mengandung pemanis memiliki kadar gula yang tinggi yang tidak baik bagi kesehatan ginjal. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyakit ginjal.