post-title

Apakah Anak-Anak Boleh Begadang?

Banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya sulit untuk diajak tidur tepat waktu⏲️. Jika anak sering begadang, maka lama-kelamaan hal ini akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.


Akibat jika anak sering begadang

💖Memengaruhi kesehatan emosi anak

Sering begadang dapat memengaruhi kesehatan emosi anak. Anak menjadi sulit untuk fokus🧠 dan mudah merasa lelah. Anak juga menjadi lebih hiperaktif.

☁️Tubuh rentan terserang penyakit

Sering kurang tidur akan menyebabkan tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Kurang tidur juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

⚡Pertumbuhan anak menjadi terhambat

Puncak produksi hormon pertumbuhan paling tinggi terjadi pada jam 11 malam sampai 2 pagi. Saat tidur nyenyak, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan ini. Sehingga jika anak kurang tidur atau sering begadang😴, tentunya akan menghambat pertumbuhannya.


Bagaimana agar anak tidak sering begadang lagi?

📺Hindari smartphone atau TV

Hindari penggunaan smartphone📱 atau TV minimal 2 jam sebelum jam tidur anak. Sebagai gantinya, Anda dapat membacakan dongeng sebelum tidur atau mengajak anak mengobrol kesehariannya hari ini.

🌸Buat tempat tidur anak senyaman mungkin

Anda dapat membuat tempat tidur anak senyaman mungkin dengan menggunakan suasana kamar yang tenang, tirai kamar yang gelap, dan memakai seprai yang lembut. Dengan melakukan hal ini, akan membantu anak membedakan antara siang☀️ dan malam.

📌Tolak jika anak mengajak untuk bermain saat jam tidur

Apabila anak mengajak Anda bermain saat jam tidurnya, jangan turuti kemauannya. Hal ini karena bermain akan membuat anak tidak mengantuk dan lupa untuk tidur. Anda dapat berpura-pura sudah tidur terlebih dahulu di sampingnya. Lama-kelamaan, karena tidak ada teman main, si kecil akan tertidur dengan sendirinya😉.

✍🏻Mengatur jadwal tidur dan bangun anak

Atur jadwal tidur dan bangun tidur anak sejak dini. Ajarkan anak untuk bangun tidur lebih awal agar dapat melakukan berbagai aktivitas🚶‍♀️ bersama keluarga pada pagi hari. Ketika sudah siang hari, Anda dapat mengajaknya ke kamar agar ia dapat beristirahat.