post-title

Pertolongan Pertama saat Anak Tersedak

Semua orang tua pastinya akan panik jika anaknya tiba-tiba tersedak. Lalu bagaimana jika si kecil👶 tersedak? Apa yang harus dilakukan?


Apa saja ciri-ciri jika anak tersedak?

👃Napas berbunyi

Saat napas anak terdengar berbunyi maka tubuhnya biasanya telah mulai kekurangan pasokan oksigen. Badan anak biasanya juga akan terlihat lemas.😞

💨Sesak ketika bernapas

Anak yang masih kecil, saluran napasnya belum sebesar anak berusia 10 tahunan. Karena itu, jika ada benda asing yang masuk, kemungkinannya akan sangat besar untuk menutup saluran napasnya🌬️.

👄Kulit dan bibir kebiruan

Kulit dan bibir anak yang mulai berwarna kebiruan merupakan salah satu pertanda sinyal bahaya yang merupakan reaksi lanjutan dari tubuh ketika pasokan oksigen dalam tubuh mulai menurun. Sebaiknya Anda secepatnya mengeluarkan benda asing sebelum tahap ini terjadi✋.


Jangan lakukan hal ini ketika anak tersedak!

📌Hindari memberi minum

Hindari memberikan anak minum🥛 walaupun saluran pernapasan dan saluran makanan berbeda. Memberi anak minum ketika tersedak hanya akan makin mendorong benda asing tersebut mendekat ke paru-paru.

💡Jangan menggendongnya

Ketika anak tersedak, hindari langsung menggendongnya. Terlebih jika anak tengah menangis😭, menggendongnya bisa membuat benda asing tersebut masuk lebih dalam ke paru-paru. Akan lebih aman jika anak tetap berada pada posisinya untuk menghindari guncangan dari pindah tempat agar benda asing di saluran napas tidak bergeser.


Berikut cara mengatasi jika anak tersedak

🔑Langkah pertama

Dudukkan🪑 anak pada tempat yang nyaman dan aman. Lalu berikan dorongan pada bagian punggung. Lakukan pada punggung tengah atau di bagian antara tulang belikat anak.

📝Langkah kedua

Sambil melakukan langkah pertama, taruh kepalan tangan kiri pada bagian bawah ulu hati anak👧🏻, lebih tepatnya selebar tiga jadi dari ulu hati. Kemudian berikan tekanan di antara tulang belikat sebanyak 4 hingga 5 kali. Apabila makanan atau benda tersebut belum juga keluar, kembali ulangi cara ini 1 kali lagi.

☀️Langkah ketiga

Jika tidak berhasil, letakkan kedua kepalan tangan pada bagian bawah ulu hati✨ atau bagian diafragma anak. Lalu, beri tekanan sebanyak 4 sampai 5 kali guna memicu reflek muntah pada anak.