post-title

Mengajari Anak Bahasa Asing

Anda mungkin ingin si kecil bisa menguasai banyak bahasa asing💭. Kapan waktu yang tepat untuk mulai mengajarinya? Dan bagaimana cara mengajari si kecil?


Fakta menarik mengenai mengajari anak bahasa asing

💡Kapan sebaiknya mulai mengajarkan anak bahasa asing?

Berdasarkan penelitian, sejak berumur 18 bulan, anak telah dapat merekam dan mengingat berbagai kosa kata. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menyatakan bahwa fleksibilitas pikiran, kemampuan berpikir kritis🧠, dan kreativitas meningkat drastis jika anak-anak mempelajari bahasa asing di usia yang lebih muda.

📝Fakta menarik!

Tahun prasekolah merupakan masa vital dalam kehidupan anak👶. Pada masa ini, sangat disarankan untuk mengajari anak bahasa asing karena bagi anak pada usia tersebut, mempelajari bahasa asing semudah mempelajari bahasa ibu.


Cara mengajari balita bahasa asing

🌺Mengajari satu kata dalam dua bahasa sekaligus

Anda dapat mengajari anak satu kata dalam dua bahasa sekaligus. Contohnya saat Anda mengatakan selamat pagi pada anak, Anda dapat langsung melanjutkannya dengan mengucapkan good morning. Hal ini akan membuat anak mengerti bahwa ada dua bahasa yang dapat digunakan untuk mengatakan selamat pagi☀️.

❤️Menciptakan suasana belajar menjadi menyenangkan

Anda dapat menayangkan film kartun dalam bahasa inggris apabila Anda ingin mengajari si kecil bahasa inggris. Dengan sering mendengarkan👂 bahasa asing tersebut, maka lama-kelamaan anak akan terbiasa untuk mendengar dan meniru ucapan bahasa tersebut.


Manfaat mengajari anak bahasa asing sejak usia dini

👄Dapat mengucapkan dengan lebih baik

Anak yang mempelajari bahasa asing sejak usia dini dapat melafalkan bahasa tersebut dengan lebih baik. Hal ini karena, sebelum anak berumur 3 tahun🗓️, kemampuan mendengar pelafalan fonetik yang berbeda dengan bahasa ibu paling tajam.

🎈Lebih mudah mempelajari banyak bahasa

Anak yang sejak usia dini telah mempelajari bahasa asing, akan menjadi lebih mudah mempelajari banyak bahasa asing lainnya. Selain itu, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif🖍️.

🧠Fungsi otak lebih baik

Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang multitasking atau mampu mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu. Anak juga akan mampu menyelesaikan masalah dengan lebih baik😊.