post-title

Diabetes yang terjadi hanya pada Ibu Hamil

Tahukah Anda bahwa terdapat suatu jenis diabetes yang hanya terjadi pada ibu hamil🤰? Diabetes ini disebut dengan diabetes gestasional. Mari simak bahasan selengkapnya berikut ini.


Mengenal lebih dalam diabetes gestasional

🙋Diabetes gestasional? Diabetes apa itu?

Diabetes gestasional merupakan jenis diabetes yang sebagian besar sering terjadi pada trimester kedua kehamilan. Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional ini tidak selalu berarti mempunyai riwayat📝 diabetes sebelum hamil.

💡Apakah diabetes gestasional sering dialami ibu hamil?

Berdasarkan laman American Pregnancy, sekitar 2 sampai 5 persen ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Sedangkan pada ibu hamil yang hamil di atas usia 30 tahun atau memiliki berat badan⚖️ berlebih, risiko mengalami diabetes gestasional meningkat 7 sampai 9 persen.


Apa saja komplikasi dari diabetes pada ibu hamil?

✨Bayi lahir besar (makrosomia)

Ibu hamil yang mengalami diabetes ketika hamil berisiko tinggi melahirkan bayi👶 dengan makrosomia atau lahir besar. Biasanya, proses persalinan secara normal akan menjadi sulit sehingga dibutuhkan persalinan secara caesar.

🗓️Bayi lahir prematur

Bayi lahir prematur juga merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi apabila diabetes yang dialami ibu hamil tidak terkontrol. Bayi juga bisa meninggal di dalam kandungan atau keguguran😞.

📌Preeklamsia

Gejala dari preeklamsia adalah urin mengandung protein dan tekanan darah tinggi saat hamil. Jika tidak ditangani, preeklamsia bisa berkembang menjadi eklamsia yang dapat berakibat fatal bagi ibu🤰 dan janin.


Komplikasi diabetes gestasional pada bayi

⚖️Bayi mengalami diabetes atau obesitas

Bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes berisiko mengalami diabetes atau obesitas di kemudian hari. Bahkan bayi juga dapat mengalami gangguan kesehatan segera sesudah lahir seperti gangguan pernapasan🌬️ atau jantung.

⚡Bayi mengalami hipoglikemia

Bayi juga bisa mengalami hipoglikemia sesudah lahir. Gejala dari hipoglikemia adalah kadar gula darah bayi lebih rendah dari normal sehingga membutuhkan perawatan intensif🏥 untuk membuat kadar gula darah menjadi terkontrol.


Tips atasi diabetes gestasional!

🚶‍♀️Rutin berolahraga

Anda dapat berolahraga secara rutin saat hamil seperti berenang, berjalan, yoga🧘🏻‍♀️. Namun pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk rutin berolahraga untuk memastikan olahraga apa yang tepat untuk kondisi Anda. Olahraga bisa mengatur produksi insulin tubuh menjadi lebih baik.

🍽️Makan makanan bergizi

Usahakan untuk makan makanan bergizi setiap harinya. Anda harus mengatur pola makan Anda sehingga tidak kekurangan glukosa dan energi, namun juga tidak kelebihan yang dapat mengakibatkan naiknya kadar gula dalam darah. Konsultasikan dengan dokter👩‍⚕️ Anda mengenai jumlah asupan karbohidrat yang tepat bagi Anda. 

✔️Periksa gula darah harian

Anda sebaiknya rutin memeriksa gula darah harian Anda untuk membantu mengontrol✍🏻 dan mengetahui apakah kadar gula darah Anda terlalu tinggi atau tidak.