post-title

Edema saat Hamil!

Edema merupakan salah satu hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Namun, masalah edema saat hamil pastinya cukup mengganggu aktivitas. Apa sih penyebabnya?🤔 Bagaimana cara mengatasinya?


Mengenal lebih dalam edema

🙋Apa itu edema?

Edema adalah suatu kondisi pembengkakan di suatu anggota tubuh ketika masa kehamilan. Edema biasanya terjadi pada trimester ketiga di kaki🦶 atau jari ibu hamil.

💭Apa penyebab edema?

Edema diakibatkan oleh penekanan uterus yang membuat aliran balik pembuluh darah vena menjadi terhambat dan daya tarik gravitasi yang membuat retensi dari cairan membesar. Pada trimester pertama, edema juga dapat terjadi yang membuat wajah, kaki, atau tangan✋ ibu hamil terlihat agak bengkak.

📌Berbahayakah edema?

Edema sebenarnya tidaklah berbahaya. Tetapi jika edema disertai dengan sakit kepala, pusing, atau bahkan pendarahan, maka Anda sebaiknya segera pergi ke dokter👩‍⚕️ karena gejala tersebut dapat menjadi pertanda dari preeklamsia dan pembekuan darah.


Tips mengatasi edema saat hamil!

🍴Makanan dan minuman

Perbanyak minum air putih dan kurangi asupan kafein. Selain itu, perbanyak makan makanan dengan kandungan kalium, contohnya kacang-kacangan, pisang🍌, kentang, ubi jalar, yogurt.

⚡Hindari hal berikut

Hindari berada di luar ruangan dengan cuaca yang lembab dan sangat panas. Hindari pula memakai pakaian👚 ketat, berdiri, atau duduk dalam waktu yang terlalu lama.

📝Lakukan hal berikut!

Gunakan stocking kompresi high waist yang berguna untuk membantu sirkulasi cairan. Berikan pijatan pada kaki Anda dan tidur miring ke arah kiri untuk meningkatkan aliran darah. Kurangi konsumsi garam karena makanan yang terlalu asin dapat memperparah edema. Tetaplah berolahraga seperti berenang atau berjalan kaki🚶‍♀️.