post-title

Bingung Cara Menggunakan Test Pack?

Test pack merupakan salah satu cara mengecek kehamilan yang paling mudah dengan harga yang terjangkau. Penggunaan test pack dengan tepat akan memengaruhi hasilnya! Bagaimana cara menggunakan test pack dengan benar?🤔


Mengenal lebih dalam test pack

📌Test pack? Apa itu?

Test pack merupakan salah satu alat tes kehamilan dengan urine untuk mendeteksi hormon HCG atau human chorionic gonadotropin dalam tubuh wanita. Hormon HCG✨ ini hanya keluar apabila sel telur yang sudah dibuahi menempel pada luar rahim atau ke dalam lapisan rahim.

✔️Apakah test pack akurat?

Apabila digunakan dengan tepat, keakuratan test pack dalam mendeteksi HCG mencapai 99 persen. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menggunakan test pack dengan benar.😊


Hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan test pack!

📅Tanggal kadaluarsa dan cara pemakaian

Sebelum memakai test pack, periksa🤓 dulu tanggal kadaluarsanya. Setelah itu, baca cara pemakaiannya karena kadang-kadang terdapat test pack yang memiliki cara pemakaian yang berbeda.

✍🏻Benda yang diperlukan

Selain test pack, Anda juga akan memerlukan wadah untuk tempat urine, tisu, dan stopwatch⏲️. Lebih baik untuk melakukan tes pagi hari sesudah bangun tidur.


Berikut cara menggunakan test pack!

💡Masukkan urine pada wadah

Masukkan urine🚽 pada wadah lalu celupkan bagian ujung test pack ke dalam wadah kurang lebih 5 sampai 10 detik. Namun, Anda juga bisa memegang alat test pack sambil membiarkannya terkena aliran urine selama 5 sampai 10 detik.

📝Hasil test pack

Hasil test pack biasanya akan keluar dalam beberapa menit. Tetapi, tiap merk test pack tentunya memiliki cara dan waktu yang berbeda. Ada hasil test pack yang menggunakan tulisan hamil🤰 atau tidak hamil, satu atau dua garis, (+) atau (-).


Arti hasil test pack

👉Hasil positif

Tanda (+) atau dua garis merah biasanya menunjukkan bahwa Anda hamil. Jika Anda positif hamil, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mengecek kandungan Anda dan mendapatkan anjuran dari dokter👩‍⚕️ mengenai hal yang harus diperhatikan dan pantangan ketika hamil.

👉Hasil negatif

Sebaliknya, apabila hasil test pack menunjukkan bahwa Anda tidak hamil, maka Anda sebaiknya mengulang tes setelah 3-5 hari jika menstruasi Anda tidak juga datang.😉 Hal ini karena bisa saja terjadi false negative pada tes pertama.

👉Hasil samar

Jika garis yang keluar terlihat samar, Anda dapat mengulangi tes dengan menggunakan test pack lain. Pastikan untuk tidak banyak minum sebelum melakukan tes. Hal ini untuk mencegah agar urine tidak encer saat tes. Selain itu, hindari melakukan tes pada siang hari karena urine pertama setelah bangun tidur🛏️ di pagi hari memiliki HCG paling tinggi.