post-title

Makan Es Krim saat Hamil, Boleh?

Hampir semua orang menyukai es krim🍨, tidak terkecuali ibu hamil. Tubuh yang terasa lebih berat, lelah, mual membuat terkadang ibu hamil ingin makan yang segar-segar seperti es krim. Bolehkah ibu hamil makan es krim?


Makan es krim ketika hamil

🙋Boleh tidak ya?

Tentunya ibu hamil boleh-boleh saja makan es krim. Yang terpenting adalah tidak berlebihan ketika mengonsumsinya😉.

📝Seberapa banyak boleh makan es krim dalam sehari?

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 50 gram es krim dalam sehari. Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi es krim bisa membuat sistem pencernaan menjadi terganggu, menghambat metabolisme tubuh, dan meningkatkan berat badan⚖️ ibu hamil.


Apa saja manfaat dari makan es krim ketika hamil?

🦴Sumber kalsium

Es krim bisa menjadi sumber kalsium karena berbahan dasar susu. Kalsium penting bagi pembentukan gigi🦷 dan tulang janin.

📌Membantu berat badan naik

Bagi ibu hamil dengan berat badan yang rendah, mengonsumsi es krim🍦 bisa membantu berat badan ibu dan janin meningkat. Tapi hal ini bukan berarti ibu boleh makan es krim sebanyak-banyaknya ya!

✨Sumber energi

Ketika trimester pertama ibu hamil biasanya mengalami mual🤢 muntah. Mengonsumsi es krim bisa menjadi salah satu sumber energi terutama ketika ibu hamil mengalami fase ini.


Akibat jika terlalu banyak makan es krim saat hamil

😖Risiko mengalami diabetes

Salah satu akibat jika ibu hamil terlalu banyak makan es krim adalah mengalami diabetes. Hal ini karena es krim🍨 mengandung kadar gula yang tinggi.

⚡Mengalami infeksi

Ibu hamil bisa mengalami infeksi seperti listeria. Bakteri ini mampu hidup di suhu yang amat rendah. Infeksi bisa muncul dari bakteri🦠 di mesin pembuat es krim dan susu.

🌬️Risiko gangguan pernapasan

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil pastinya akan terpengaruh selama hamil. Terlalu banyak makan es krim saat hamil bisa meningkatkan risiko gangguan pernapasan dan sinusitis👃.

⚖️Berat badan berlebih

Kelebihan mengonsumsi es krim saat hamil🤰 juga dapat membuat berat badan menjadi berlebih.


Tips makan es krim yang aman ketika hamil!

✔️Konsumsi es krim bebas kafein

Es krim rasa cokelat atau kopi mengandung kafein yang dapat berbahaya bagi kehamilan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi es krim bebas kafein seperti rasa buah🍓 agar lebih aman.

💡Berhati-hati saat mengolah es krim buatan sendiri

Ibu hamil sebaiknya berhati-hati ketika membuat es krim buatan sendiri. Hal ini karena bahan es krim harus dimasak hingga benar-benar matang sebelum dibekukan untuk mencegah risiko keracunan makanan akibat infeksi bakteri Salmonella dari telur🥚 yang diolah dengan kurang matang.

✍🏻Terbuat dari susu pasteurisasi

Biasanya es krim yang dijual di pasaran terbuat dari susu pasteurisasi. Tapi, untuk lebih amannya, lebih baik ibu hamil tetap membaca👀 terlebih dahulu kemasan produk untuk memastikan bahan baku yang digunakan terbuat dari susu pasteurisasi.