post-title

Bentuk Perut Prediksi Jenis Kelamin Bayi?

Terdapat banyak mitos di masyarakat bahwa bentuk perut ibu hamil dapat memprediksi jenis kelamin bayi👶 di dalam kandungan. Betulkah hal ini?


Betulkah mitos tersebut?

💭Mitos yang beredar di masyarakat

Apabila bentuk perut ibu hamil terlihat tinggi dan melebar maka diprediksi ibu hamil mengandung bayi berjenis kelamin perempuan👧🏻. Lalu, apabila bentuk perut ibu hamil terlihat bulat dan gantung maka diprediksi jenis kelamin janinnya adalah laki-laki.

🤔Betulkah mitos yang beredar tersebut?

Mitos mengenai bentuk perut dapat memprediksi jenis kelamin janin tidaklah benar. Hal ini karena posisi dan ukuran janin memengaruhi bentuk perut ibu hamil. Selain itu, berat⚖️ dan tinggi badan ibu hamil sebelum mengandung, dan bentuk tubuh ibu hamil juga turut memengaruhi bentuk perut saat hamil.


Apa saja bentuk perut ibu hamil?

📌Perut gantung

Otot-otot dan ligamen yang menyokong rahim biasanya akan melemah dan meregang di kehamilan kedua atau ketiga. Hal ini menyebabkan bentuk perut menjadi lebih rendah.🤓

👇Perut turun

Jika kali ini bukan kehamilan pertama, maka bentuk perut ibu hamil bisa terlihat turun ke bawah. Hal ini disebabkan karena otot perut ibu sudah mulai kendur yang membuat janin menjadi semakin turun. Namun, bentuk perut ibu hamil juga akan berubah menjadi turun saat usia kehamilan 35 minggu📅. Hal ini karena kepala janin telah mengarah ke arah panggul.

⚽Perut bulat

Di kehamilan pertama, sebagian besar perut ibu hamil berbentuk bulat seperti buah semangka🍉. Tetapi, posisi janin dan pertambahan usia janin dapat menyebabkan bentuk perut akan berubah.

✍🏻Perut tinggi

Otot perut yang kuat menyebabkan ibu hamil mempunyai bentuk perut yang tinggi📏. Hal ini dapat membuat perut ibu hamil menjadi terlihat lebih menjulang naik.

🌺Perut melebar

Saat posisi janin melintang, bukan kepala menghadap atas atau bawah, hal ini dapat membuat bentuk perut ibu hamil menjadi melebar. Anda sebaiknya waspada jika posisi ini terjadi saat mendekati waktu persalinan🏥 karena kepala janin harusnya berada di bawah.