post-title

Pola Makan Menurut Trimester Kehamilan

Nutrisi tentunya sangatlah penting saat hamil bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan. Bagaimana pola makan ibu hamil menurut trimester kehamilannya?🍲


Trimester pertama kehamilan

❤️Perkembangan apa yang sedang terjadi?

Trimester pertama kehamilan terjadi pada minggu pertama sampai minggu ke-12 kehamilan. Pada trimester pertama, janin tengah dalam proses pembentukan dan perkembangan. Kantung janin juga dalam proses pembentukan sehingga penting bagi ibu hamil🤰 untuk menjaga asupan nutrisi agar kantung tidak hanya berisi kantung saja sehingga menjadi hamil kosong.

❤️Bagaimana pola makan di trimester pertama?

Di minggu pertama hingga minggu ke-4, ibu hamil disarankan untuk makan makanan dengan kalori contohnya, daging unggas atau daging merah. Di minggu ke-5 dan ke-6, ibu hamil ibu hamil masih merasa mual🤢 dan muntah. Karena itu, makan menu sup sayuran hijau yang hangat akan menjadi pilihan yang baik.

Di minggu ke-7 dan 8, rangka🦴 dan tubuh janin sedang dalam pembentukan karena itu diperlukan kalsium kurang lebih 1000 miligram per harinya. Pada minggu ke-9, dibutuhkan asam folat yang cukup banyak kurang lebih 0,6 miligram per hari. Ibu juga membutuhkan vitamin C.

Di minggu ke-10, diperlukan nutrisi berupa protein yang memiliki kandungan asam amino yang tinggi bagi pembentukan otak🧠 janin. Pada minggu ke-12, ibu hamil membutuhkan vitamin A, B1, B2, B3, B6 untuk mencegah bayi lahir cacat.


Trimester kedua kehamilan

🌸Perkembangan yang sedang terjadi

Pada trimester kedua kehamilan, bayi mengalami lonjakan pertumbuhan sehingga ibu hamil akan merasa lebih cepat lapar. Ibu hamil memerlukan nutrisi✨ dan vitamin untuk 2 orang di trimester ini.

🌸Pola makan trimester kedua

Ibu hamil harus memerlukan cukup zat besi (kurang lebih 27 mg) setiap harinya untuk mencegah anemia. Ibu hamil juga harus meningkatkan asupan kalori 300 hingga 500 kalori per harinya. Untuk protein, dibutuhkan tambahan 25 gram protein tiap hari yang setara dengan 4 telur.🥚

Ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan kalsium untuk menguatkan gigi dan tulang. Untuk porsi makan di trimester kedua, ibu hamil bisa mengonsumsi 50% karbohidrat kompleks (sayuran, buah🍎, biji-bijian), 20% protein, dan 30% lemak sehat.


Trimester ketiga kehamilan

🌱Perkembangan apa yang sedang terjadi?

Di trimester ketiga, ibu hamil akan sering merasa mulas dan mengalami refluks. Perkembangan janin juga terjadi dengan signifikan.😊

🌱Pola makan trimester ketiga

Penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya omega 3 dan gizi di trimester ini. Paling tidak konsumsi daging merah 2 sampai 3 kali tiap minggunya. Selain itu, lemak baik juga penting di trimester ini. Lemak baik contohnya adalah kacang-kacangan, dan alpukat.🥑