post-title

Mengapa Warna Urine Berubah-Ubah saat Hamil?

Terdapat banyak perubahan yang terjadi ketika wanita sedang hamil. Salah satunya warna urine🚽 yang kerap berubah-ubah. Apa penyebabnya?


Apa saja warna urine yang bisa muncul saat hamil?

✨Kuning pekat

Urine yang berwarna kuning pekat memberikan pertanda bahwa ibu hamil sedang dehidrasi. Asupan cairan🥛 yang tidak tercukupi menyebabkan dehidrasi dan membuat warna urine menjadi keruh.

✨Keabuan

Warna keabuan pada urine juga bisa berarti ibu hamil tengah dehidrasi😞. Ibu hamil rentan mengalami dehidrasi karena saat hamil, tubuh memerlukan lebih banyak cairan yang digunakan untuk menyalurkan nutrisi, memproduksi lebih banyak volume darah, membuang racun dari dalam tubuh, hingga membentuk air ketuban.

✨Kemerahan

Warna kemerahan atau kecoklatan pada urine dapat menjadi tanda bahaya. Hal ini karena berarti terdapat endapan darah pada urine. Ibu hamil sebaiknya segera mengunjungi dokter🏥 jika menemukan urinenya berwarna kemerahan.


Mengapa warna urine bisa berubah saat hamil?

🗓️Usia kehamilan

Usia kehamilan adalah salah satu penyebab warna urine berubah ketika hamil. Biasanya ibu hamil🤰 akan lebih sering mengalami hal ini di trimester ketiga. Alasannya, di trimester ini janin yang tumbuh menekan kandung kemih sehingga membuat ibu hamil lebih sering buang air kecil. Apabila ibu hamil tidak terhidrasi dengan baik, maka urine dapat berwarna gelap.

☘️Vitamin prenatal

Vitamin prenatal yang dikonsumsi saat hamil dapat membuat urine berwarna kuning pekat. Vitamin B bisa mengubah warna urine menjadi kuning-hijau neon, sedangkan vitamin C🍊 bisa mengubah warna urine menjadi berwarna kuning cerah.

🧻Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) ketika hamil bisa membuat warna urine menjadi keruh, kuning tua, atau coklat. Ibu hamil yang mengalami ISK harus ke dokter👩‍⚕️ karena jika ISK diabaikan bisa menyebabkan masalah kehamilan seperti ketuban pecah dini atau persalinan prematur.

🌊Dehidrasi

Dehidrasi saat hamil dapat terjadi jika ibu hamil kurang mencukupi asupan cairan tubuh yang membuat warna urine berwarna lebih gelap atau pekat. Selain itu, dehidrasi juga bisa terjadi karena kondisi morning sickness🤢 ibu hamil yang parah atau yang disebut dengan hiperemesis gravidarum sehingga memicu muntah yang berlebihan.