post-title

Cara Atasi Overthinking saat Hamil!

Pernahkah Anda mengalami overthinking saat hamil? Kalau sudah begini, biasanya jadi tambah bingung, karena seharusnya tidak baik terlalu sering overthinking, tapi tetap saja overthinking…🤔 Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa cemas berlebih ini? Simak cara mengatasinya berikut ini!


Apa saja hal yang menyebabkan ibu hamil overthinking?

🚶‍♀️Bentuk fisik yang berubah

Bentuk fisik yang berubah menjadi salah satu penyebab kecemasan ibu hamil. Hal ini kemudian membuat ibu hamil menjadi overthinking. Munculnya stretch mark di beberapa bagian tubuh, berat badan⚖️ yang naik merupakan beberapa perubahan fisik yang dikhawatirkan oleh ibu hamil.

🗓️Memikirkan waktu persalinan

Mencemaskan waktu persalinan yang masih jauh merupakan salah satu penyebab ibu hamil overthinking. Padahal semakin dipikirkan terus menerus, akan semakin membuat ibu hamil merasa takut dan cemas.😖

🤱Takut tidak bisa menyusui

Takut tidak bisa menyusui sesudah melahirkan nanti juga membuat ibu hamil overthinking. Ibu hamil biasanya takut apabila ASI✨ nanti tidak keluar atau kurang, payudara membengkak atau lecet.

☁️Takut keguguran

Takut keguguran membuat ibu hamil🤰 menjadi merasa cemas. Terutama pada trimester pertama kehamilan. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran.


Tips atasi overthinking saat hamil!

🤓Mencari informasi

Anda dapat mencari informasi✏️ mengenai hal-hal yang dapat menyebabkan keguguran, maupun mencari informasi mengenai kelas bersalin. Hal ini dapat membantu mengurangi overthinking yang Anda alami.

🛏️Cukup beristirahat

Pastikan untuk tidur dengan cukup tiap harinya. Cukup tidur dan berkualitas akan membantu meredakan rasa cemas dan membuat emosi❤️ ibu hamil menjadi lebih stabil.

✔️Ikut kelas bersalin

Ikut kelas bersalin dapat membantu meredakan kecemasan Anda akan melahirkan. Di kelas bersalin, Anda akan diajarkan mengenai cara mengatasi rasa sakit saat kontraksi mulai terjadi, mendapat informasi tentang tahapan persalinan, dan sharing dengan ibu hamil lain👩 yang mungkin juga memiliki rasa cemas yang sama.

✍🏻Menulis di buku harian

Anda dapat menulis semua hal yang Anda sedang cemaskan di buku harian. Dengan menulis di buku harian📘, Anda akan mengetahui secara jelas hal apa yang menjadi akar kecemasan Anda.

👩‍⚕️Mengunjungi dokter

Apabila overthinking yang Anda alami telah sangat mengganggu kehidupan sehari-hari Anda dan merasa tidak tertahankan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.🏥