post-title

Tubuh Terasa Lemas saat Hamil

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita saat sedang hamil. Salah satunya tubuh terasa lemas😞. Mengapa tubuh terasa lemas ketika hamil? Bagaimana mengatasinya?


Mengapa tubuh terasa lemas ketika hamil?

✨Anemia

Anemia bisa merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi lemas ketika hamil. Biasanya dokter👩‍⚕️ akan melakukan tes darah untuk mengetahui apakah ibu hamil mengalami anemia. Tes dilakukan pada trimester pertama atau pada awal trimester ketiga.

🤢Mual muntah

Mual muntah yang dialami oleh ibu hamil bisa membuatnya merasa lemas karena energi yang banyak terkuras.

❤️Keadaan emosional

Banyak hal yang dicemaskan ibu hamil yang bisa membuatnya merasa cemas😖. Rasa cemas yang terus menerus dapat menyebabkan ibu hamil merasa lelah dan lemas.

🌸Perubahan hormon

Perubahan hormon, salah satunya hormon progesteron ketika hamil dapat membuat badan menjadi lemas. Hormon ini dapat memicu ibu hamil merasa mengantuk.😴


Tips mengatasinya!

🌊Memenuhi kebutuhan cairan

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh tiap harinya. Selain mencegah tubuh merasa lemas ketika hamil, minum air mineral🥛 minimal 10 gelas per harinya selama masa hamil juga bermanfaat untuk menghindari infeksi, dan mengangkut nutrisi ke janin.

🛏️Istirahat dengan cukup

Hindari tidur larut malam. Tidur dengan cukup setiap harinya penting selama kehamilan. Tidur dengan cukup dan berkualitas akan membantu menjaga pasokan energi keesokan hari tercukupi dengan baik.😊

🍽️Makan makanan bergizi

Pastikan untuk cukup mengonsumsi makanan bergizi ketika hamil🤰. Makanan bergizi berguna sebagai sumber energi selama masa hamil agar tubuh tidak terasa lemas.

☘️Menjaga diri tetap rileks

Menjaga diri tetap rileks saat hamil penting untuk membantu tubuh dan pikiran tetap rileks dan tenang. Anda dapat melakukan meditasi atau berolahraga ringan seperti berjalan kaki, berenang atau yoga🧘🏻‍♀️. Selain baik bagi kesehatan fisik, tetap berolahraga juga baik bagi mood ibu hamil.