post-title

Hidung jadi Tersumbat saat Hamil?

Apakah hidung Anda jadi tersumbat dan bersin-bersin saat hamil? Bisa jadi Anda mengalami rhinitis kehamilan.👃 Berbahayakah rhinitis kehamilan?


Mengenal lebih dalam rhinitis kehamilan

🙋Gejala rhinitis kehamilan

Gejala rhinitis kehamilan diantaranya adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, tekanan di telinga, hidung berair, munculnya aliran ingus atau cairan dari hidung ke tenggorokan. Kualitas tidur🛏️ juga jadi terganggu akibat hidung yang tersumbat atau aliran ingus ke tenggorokan ini.

🤔Berbahayakah kondisi ini?

Rhinitis kehamilan dapat berbahaya apabila ibu hamil bersin terus-menerus. Hal ini karena bersin terus-menerus bisa membuat tekanan pada perut menjadi meningkat. Selain itu, ibu hamil juga berisiko mengalami kram perut dan gangguan oksigenasi atau kebutuhan oksigen🌬️ yang tidak terpenuhi.


Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

✔️Tinggikan posisi kepala

Anda dapat meninggikan posisi kepala ketika sedang berbaring. Gunakan 1 atau 2 bantalan untuk meninggikan posisi kepala.😉

🍃Memakai pelembab udara

Memakai pelembab udara atau humidifier di rumah dapat membantu meredakan rhinitis yang dialami saat hamil.🤰 Selain itu, Anda juga dapat mandi dengan menggunakan air hangat untuk meredakan hidung yang tersumbat.

🏥Berkonsultasi dengan dokter

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi hal ini. Dokter👩‍⚕️ mungkin akan meresepkan obat semprotan atau strip hidung.

📝Hindari pemicu iritasi

Hindari hal yang dapat memicu terjadinya iritasi pada hidung. Contohnya, polusi udara yang berlebih atau asap rokok.🚬