post-title

Aturan Bed Rest saat Hamil!

Mungkin beberapa ibu hamil pernah disarankan oleh dokter untuk melakukan bed rest🛏️. Namun, tahukah Anda aturan bed rest ketika hamil?


Mengenal lebih dalam bed rest ketika hamil

🤔Bagaimana posisi terbaik ketika bed rest?

Biasanya dokter👩‍⚕️ akan memberi tahu posisi terbaik untuk bed rest karena disesuaikan dengan komplikasi dan kondisi dari ibu hamil.

⏲️Berapa lama bed rest dilakukan?

Tidak ada patokan khusus tentang berapa lama bed rest harus dilakukan. Biasanya, begitu kondisi kesehatan ibu hamil sudah membaik, dokter akan mengizinkan ibu hamil untuk kembali beraktivitas secara normal.😊


Penyebab ibu hamil disarankan bed rest oleh dokter

✨Perubahan pada serviks

Dokter biasanya memantau panjang dari serviks melalui ultrasonografi transvaginal dengan rutin. Apabila serviks memendek lebih awal, biasanya dokter akan menyarankan ibu hamil🤰 untuk bed rest.

🗓️Persalinan prematur

Jika ibu hamil mulai mengalami kontraksi dengan teratur sebelum minggu ke-37 kehamilan, maka dokter akan menganjurkan ibu hamil untuk bed rest. 

📌Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi⚡ yang diinduksi kehamilan. Dokter akan menyarankan ibu hamil untuk bed rest.


Apa saja hal yang boleh dilakukan ibu hamil ketika sedang bed rest?

🍽️Makan makanan bergizi

Ibu hamil harus tetap mengonsumsi makanan bergizi terutama sayuran dan buah ketika sedang bed rest. Hal ini berguna untuk mencegah ibu hamil mengalami sembelit🚽 karena lebih sering telentang di tempat tidur.

🚶‍♀️Tetap melakukan aktivitas

Berdasarkan standar dari WHO, ibu hamil harus tetap aktif walaupun sedang bed rest. Ibu hamil boleh makan sambil duduk, mandi, menonton tv, atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan. Asalkan ibu hamil harus tetap kembali ke tempat tidur🛏️ untuk beristirahat.


Hal yang tidak dianjurkan untuk dilakukan saat bed rest

💭Pijat

Pijat hamil ketika bed rest boleh saja tetap dilakukan. Asalkan ibu hamil memerhatikan👀 bagian tubuh yang akan dipijat. Hindari memijat area perut dan pinggang.

✍🏻Beraktivitas terlalu berat

Meskipun ibu hamil yang sedang bed rest tetap boleh beraktivitas, tapi hindari melakukan aktivitas terlalu berat atau sampai lupa beristirahat.😉