post-title

Berat Badan Lahir Rendah pada Bayi!

Pernahkah Anda mendengar BBLR atau Berat Badan Lahir Rendah pada bayi⚖️? BBLR merupakan kondisi ketika berat badan bayi saat lahir kurang dari 2,5 kg. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengasuh bayi dengan kondisi ini?


Apa saja penyebab bayi lahir dengan berat badan rendah?

📝Masalah kesehatan ibu hamil

Masalah kesehatan ibu hamil baik fisik maupun psikologis dapat menyebabkan BBLR pada bayi. Beberapa masalah kesehatan tersebut yaitu, komplikasi kehamilan, riwayat keguguran atau melahirkan BBLR, anemia, paparan asap rokok🚬 pasif atau aktif saat hamil, penyakit infeksi seperti listeria, HIV, atau toxoplasmosis.

⚡IUGR (Intrauterine Growth Restriction)

IUGR merupakan gangguan yang menyebabkan perkembangan bayi di dalam kandungan menjadi terhambat. IUGR disebabkan oleh masalah pada plasenta atau kondisi kesehatan ibu dan bayi.👶

🛏️Kelahiran prematur

Kelahiran prematur membuat bayi lahir belum cukup umur yang membuatnya mengalami BBLR. Hal ini karena trimester ketiga kehamilan adalah masa penting bagi bayi menambah berat badannya.😉


Cara mengasuh bayi dengan BBLR

📈Rutin memantau pertumbuhan bayi

Rutin memantau perkembangan dan pertumbuhan bayi di dokter anak👩‍⚕️ penting dilakukan. Hal ini juga berguna untuk mendeteksi jika ada masalah tumbuh kembang sejak dini.

✋Kontak antar kulit

Biasanya, bayi dengan BBLR cenderung sulit untuk mempertahankan suhu tubuhnya sehingga tubuh mereka cenderung dingin. Karena itu, Anda sebaiknya sering melakukan kontak antar kulit dengan bayi dengan menggendong bayi dengan metode kangguru🦘 untuk menjaga kehangatan tubuhnya dan agar bayi cepat gemuk.

✔️Memberi ASI sesuai jadwal

Pastikan untuk selalu memberikan ASI🤱 sesuai jadwal. Selain itu, berikan ASI dengan cukup dan hindari memberi asupan lain selain ASI seperti susu formula pada bayi di bawah umur 6 bulan. Biasanya, bayi dengan BBLR minum ASI tiap 2 atau 3 jam sekali.