post-title

Makan Pedes-Pedes saat Hamil?

Makanan pedas tentunya sangatlah lezat dan membuat makin nafsu makan. Namun, bolehkah ibu hamil makan makanan pedas?🌶️


Efek samping yang dapat terjadi jika bumil makan makanan pedas

💭Refluks asam

Refluks asam membuat isi makanan kembali naik ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan jika terjadi terus-menerus.

✨Maag

Terlalu sering makan pedas juga meningkatkan risiko ibu hamil terserang maag. Gejala maag diantaranya, sakit perut, mual🤢, nyeri ulu hati, dan tidak bisa makan.

⚡Kontraksi

Makanan pedas dapat meningkatkan pelepasan hormon prostaglandin. Hormon ini dapat membuat otot menginduksi sehingga menyebabkan terjadinya kontraksi.😞

❤️Heartburn

Heartburn merupakan suatu kondisi ketika dada terasa sesak sesudah makan. Makan makanan pedas ketika hamil🤰 dapat membuat ibu hamil mengalami heartburn.


Boleh atau tidak makan makanan pedas menurut trimester kehamilan

🗓️Trimester pertama

Di trimester pertama, ibu hamil sebaiknya tidak makan makanan yang pedas. Hal ini karena saat trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness🤮, sehingga makan makanan yang pedas bisa memperparah rasa mual.

📌Trimester kedua

Pada trimester kedua, rasa mual dan muntah yang dialami ibu hamil biasanya sudah menghilang. Ibu hamil boleh makan makanan pedas asalkan tidak berlebihan. Tapi, tetaplah berhati-hati jika perut terasa mulas🚽 setelah makan makanan pedas.

💡Trimester ketiga

Ada yang bilang bahwa makan makanan pedas di trimester ketiga bisa mempercepat proses persalinan. Tetapi, hal ini tidaklah benar. Ibu hamil justru bisa mengalami refluks asam dan mulas jika makan makanan yang pedas🌶️ apalagi terlalu banyak.