post-title

Buah-Buahan bagi Bumil

Ibu hamil tentunya harus makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, tidak semua buah🍎 aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh ibu hamil, lho!


Buah apa saja yang berbahaya bagi bumil jika dikonsumsi terlalu banyak?

Dilansir dari Healthline, berikut buah-buahan yang sebaiknya tidak terlalu banyak dikonsumsi ketika sedang hamil.

🍍Nanas

Ibu hamil sebaiknya tidak makan nanas dalam porsi yang besar. Hal ini karena nanas mengandung bromelain yang bisa memicu terjadinya diare, mual🤢, sakit perut, atau heartburn jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

✨Pepaya mentah

Pepaya mentah mengandung enzim-enzim yang bisa memicu kontraksi rahim yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran😞. Lain halnya dengan pepaya matang. Pepaya matang mengandung banyak vitamin seperti kalium, kolin, beta karoten, vitamin A, B, dan C, folat dan serat.


Lalu, buah apa saja yang baik bagi ibu hamil?

🥑Alpukat

Alpukat baik bagi ibu hamil karena mengandung vitamin B, C, kalium, dan asam folat. Buah alpukat bisa membantu mengurangi morning sickness dan membantu perkembangan jaringan bayi, otak🧠, dan sistem saraf. Tetapi, hindari mengonsumsi secara berlebihan karena alpukat mengandung lemak yang tinggi.

🍉Semangka

Semangka mengandung banyak air yang bisa membantu mencukupi asupan cairan tubuh🌊. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A, B6, C, kalium, dan magnesium.

✔️Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin A, C, kalium, serat, fosfor. Jambu biji baik bagi ibu hamil🤰 karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

🍊Jeruk

Jeruk mengandung banyak air, vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk juga kaya akan folat yang membantu perkembangan sumsum tulang belakang dan otak janin.👶