post-title

Cara Atasi Sakit Gigi saat Hamil

Saat hamil, ibu hamil mungkin pernah mengalami sakit gigi. Apa saja penyebab sakit gigi saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya? Lalu, agar tidak terkena sakit gigi🦷 ketika hamil, adakah hal yang dapat dilakukan?


Berbagai penyebab sakit gigi ketika hamil

✨Hormon dan pH saliva

Hormon progesteron yang meningkat menyebabkan sistem kekebalan tubuh berkurang yang membuat bakteri menjadi lebih mudah bersarang di gusi dan gigi. Selain itu, pH saliva ibu hamil🤰 juga mengalami perubahan yang membuatnya menjadi lebih asam yang menyebabkan plak gigi menjadi terbentuk lebih cepat.

🤢Efek mual muntah

Mual muntah yang terjadi ketika hamil dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi yang membuat gigi menjadi berlubang. Mual muntah juga membuat ibu hamil menjadi enggan untuk sering menggosok🪥 gigi karena efek mual.


Apa saja jenis sakit gigi ketika hamil?

📌Epulis

Epulis merupakan benjolan di gusi yang terletak di antara gigi. Epulis biasanya akan hilang sendiri sesudah melahirkan.

⚡Gingivitis

Beberapa tanda dari gingivitis kehamilan yaitu gusi berdarah, bengkak, merah, dan bau mulut💨. Gingivitis biasanya mencapai puncaknya saat trimester ketiga kehamilan.

📌Gigi sensitif

Ibu hamil yang sering mengalami muntah🤮 dapat menderita gigi sensitif. Hal ini terjadi karena asam lambung mengerosi enamel gigi. 


Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit gigi ketika hamil?

🧂Kumur dengan air garam

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyarankan untuk berkumur dengan air garam untuk membantu meredakan rasa nyeri gigi. Siapkan 1 gelas air hangat dan campur dengan setengah sendok teh garam.🥄

🍬Mengurangi mengonsumsi makanan manis

Kurangi konsumsi makanan manis. Pastikan juga untuk berkumur dengan air putih dan menggosok gigi selesai makan.🍴

👩‍⚕️Konsultasi ke dokter gigi

Ketika berkonsultasi ke dokter gigi, jangan lupa untuk memberitahu dokter bahwa Anda sedang hamil. Hal ini bertujuan agar dokter gigi dapat meresepkan📝 obat sakit gigi dengan dosis yang tepat untuk Anda.


Tips cegah sakit gigi ketika hamil!

🪥Rajin sikat gigi

Minimal pastikan untuk selalu menyikat gigi 2 kali sehari terutama sebelum tidur🛏️. Anda dapat memakai sikat gigi dengan kepala sikat kecil untuk mencegah rasa mual.

✔️Ganti sikat gigi

Ganti sikat gigi setidaknya 3 bulan sekali📅. Untuk pasta gigi, ibu hamil dapat menggunakan pasta gigi tanpa fluoride untuk mencegah mual ketika menggosok gigi.