post-title

Demam saat Hamil Berbahaya?

Demam bisa saja terjadi saat hamil yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Lalu, bagaimana cara mengatasi demam ketika hamil? Apakah berbahaya jika demam☀️ saat hamil?


Apa saja penyebab demam ketika hamil?

🌬️Flu atau influenza

Flu atau influenza rentan dialami oleh ibu hamil karena perubahan sistem kekebalan tubuh, paru-paru, dan jantung selama hamil. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalami demam karena flu👃 cenderung terjadi lebih lama.

🌡️Suhu tubuh yang berubah

Ibu hamil yang mengalami gangguan pernapasan💨 dapat meningkatkan risiko terkena flu dan suhu tubuh yang berubah yang berakibat pada demam. 

⚡Infeksi bakteri dan virus

Infeksi bakteri dan virus adalah penyebab demam yang paling umum. Infeksi bakteri dan virus🦠 dapat berbahaya bagi kehamilan apabila tidak ditangani dengan baik.


Apakah demam saat hamil berbahaya?

💡Demam saat hamil bisa berbahaya

Jika dibiarkan saja, demam yang dialami saat hamil bisa berbahaya. Janin bisa berisiko mengalami cacat bawaan lahir, keguguran, bibir sumbing, kelainan jantung❤️, atau kelainan tabung saraf.

🏥Konsultasi dengan dokter

Ibu hamil sebaiknya pergi ke dokter👩‍⚕️ untuk memeriksakan diri jika mengalami demam. Hal ini karena demam dapat disebabkan oleh banyak hal yang bisa membahayakan kondisi janin.

✔️Bantu atasi demam di rumah dengan cara berikut!

Selain minum obat dari dokter, perbanyak minum air putih, dan pastikan untuk cukup beristirahat. Selain itu, konsumsi vitamin yang telah direkomendasikan oleh dokter untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari mandi dengan air dingin, dan pakai pakaian👚 dengan bahan yang tidak terlalu tebal dan mudah menyerap keringat.