post-title

Penyebab Bayi Lahir Cacat

Terdapat berbagai penyebab bayi lahir cacat👶. Di antara penyebab-penyebab tersebut ada penyebab yang bisa tidak dilakukan untuk membantu mencegah bayi lahir cacat. Apa saja?


Apa saja penyebab bayi lahir cacat?

📌Masalah pada kromosom

Menurut National Institute of Health, dalam beberapa kasus tertentu, bagian dari kromosom atau kromosom yang hilang bisa membuat bayi lahir cacat dalam beberapa kasus tertentu. Selain itu, kelebihan kromosom juga bisa menyebabkan bayi lahir cacat👶, seperti Down syndrome.

✨Faktor genetik

Faktor genetik adalah penyebab bayi lahir cacat yang paling banyak. Faktor kelainan genetik terjadi karena diturunkan oleh gen dari salah satu atau kedua orang tua👩👨 yang cacat sejak lahir.

🚬Merokok

Kebiasaan merokok yang dilakukan oleh ibu hamil dapat menyebabkan janin lahir dengan cacat otak🧠, cacat jantung, atau cacat paru-paru. Hal ini karena rokok mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya terutama bagi ibu hamil.

💭Kurang asam folat

Kurang asam folat ketika hamil dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Asam folat adalah vitamin yang penting dalam mendukung tumbuh kembang janin.👶

🍷Alkohol dan narkotika

Ibu hamil yang senang minum alkohol atau mengonsumsi narkotika dapat berisiko melahirkan bayi dengan cacat otak, ukuran kepala yang tidak normal atau bentuk wajah yang aneh.😞


Tips hindari bayi cacat lahir

💊Tidak sembarang minum obat

Hindari sembarangan minum obat tanpa pengawasan dokter👩‍⚕️, khususnya ibuprofen dan aspirin. Mengonsumsi aspirin dalam dosis yang tinggi di trimester pertama bisa mengakibatkan cacat bawaan. Sedangkan aspirin dalam dosis tinggi yang diminum di trimester terakhir bisa menyumbat pembuluh darah pada jantung janin yang membuat cacat jantung.

🎈Memenuhi asupan asam folat

Pastikan untuk memenuhi asupan asam folat harian untuk mencegah bayi lahir cacat✨. Cacat lahir yang dapat terjadi karena kurangnya asupan asam folat yaitu spina bifida pada bayi.

📝Hindari hal berikut ini!

Hindari mengonsumsi alkohol, merokok ketika hamil. Sebisa mungkin, hindari juga menghirup asap rokok. Cegah suhu tubuh🌡️ agar tidak terlalu panas ketika hamil.

✔️Rutin pemeriksaan kandungan

Usahakan untuk selalu rutin melakukan pemeriksaan kandungan🏥. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi Anda dan bayi di dalam kandungan.