post-title

Perut Terasa Keras!

Perut terasa keras merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh ibu hamil. Terdapat berbagai penyebab yang menyebabkan perut terasa keras saat hamil🤰. Apa saja?


Berbagai penyebab perut terasa keras ketika hamil!

📌Perkembangan kerangka janin

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, perut biasanya terasa keras karena perkembangan kerangka🦴 janin. Bayi juga tumbuh lebih besar yang menyebabkan perut terasa berisi dan kencang.

✨Kontraksi palsu

Ibu hamil umumnya akan mulai mengalami kontraksi palsu saat memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kontraksi palsu dapat menyebabkan perut terasa keras.⚡

📌Peradangan ligamen bundar

Ligamen dan otot yang terus meregang di trimester kedua🗓️ menyebabkan perut terasa makin keras. Membesarnya perut bisa mengakibatkan terjadinya peradangan di ligamen bundar yang membuat ibu hamil merasa bagian dalam perutnya terasa sakit.

✨Sembelit

Perubahan hormon yang cepat membuat aliran usus menjadi lambat menyebabkan pembentukan gas yang meningkat yang membuat perut terasa lebih keras. Hal ini juga menyebabkan wanita hamil sering mengalami sembelit.🚽

📌Pertanda keguguran

Di trimester pertama kehamilan, umumnya perut belum terlalu keras. Tapi, apabila perut terasa keras yang disertai dengan bercak darah, rasa nyeri, akan lebih baik bagi ibu hamil untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan👩‍⚕️ untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Tips redakan perut terasa keras ketika hamil!

✔️Berganti posisi

Hindari berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Ketika beristirahat🛏️, Anda dapat berbaring miring sambil perut ditopang oleh bantal untuk membantu meredakan rasa sakit. Hindari pula bergerak atau berdiri dengan terlalu cepat.

🌊Terhidrasi dengan baik

Pastikan untuk minum air putih🥛 yang cukup setiap harinya agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Selain itu, ibu hamil juga bisa mandi dengan air hangat untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman pada perut. Namun, hindari mandi dengan air terlalu panas dalam waktu yang terlalu lama.