post-title

Malas Beraktivitas saat Hamil?

Mungkin ada beberapa ibu hamil yang merasa malas untuk beraktivitas ketika hamil🤰. Anda yang biasanya aktif memasak, membereskan rumah, atau senang melakukan aktivitas yang Anda sukai menjadi enggan untuk melakukannya. Mengapa hal ini terjadi?


Penyebab ibu hamil jadi enggan beraktivitas

❤️Faktor emosi

Faktor emosi dapat menyebabkan ibu hamil menjadi enggan untuk beraktivitas. Biasanya hal ini terjadi ketika ibu hamil mengalami rasa cemas yang berlebihan, atau ketika mengalami depresi.😞

📌Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi atau anemia dapat membuat ibu hamil mudah merasa lelah sehingga enggan beraktivitas. Anemia biasanya dialami di awal trimester pertama kehamilan, menjelang akhir trimester kedua, atau pada awal trimester tiga.🗓️

💡Faktor hormon

Hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil akan meningkat. Hormon ini bisa menyebabkan rasa kantuk.😴 Tekanan darah dan kadar gula juga biasanya akan menurun.

🤢Mual muntah

Mual muntah yang dialami menyebabkan ibu hamil merasa lelah dan menjadi enggan beraktivitas.☁️

⚖️Berat badan yang bertambah

Semakin bertambahnya usia kehamilan, berat badan juga akan bertambah. Bertambahnya berat badan bisa menyebabkan ibu hamil🤰 menjadi lebih mudah lelah. 


Tips agar lebih semangat beraktivitas ketika hamil

☘️Berolahraga

Rutin berolahraga akan membuat peredaran darah ibu hamil menjadi lancar. Selain baik bagi kesehatan tubuh, berolahraga juga membuat perasaan menjadi lebih tenang. Ibu hamil bisa berolahraga ringan seperti jalan-jalan🚶‍♀️ santai di sekitar rumah, berenang, atau yoga.

✔️Menjaga berat badan

Ibu hamil direkomendasikan untuk menjaga berat badannya agar tidak overweight. Tidak hanya saat kondisi hamil, berat badan yang berlebih akan cenderung membuat seseorang menjadi enggan beraktivitas.😉

⏲️Menyisihkan waktu untuk beristirahat

Ibu hamil sebaiknya menyisihkan waktu untuk beristirahat di sela-sela aktivitas. Seperti tidur siang🛏️, mendengarkan musik, atau meregangkan badan.