post-title

Hindari Obat ini saat Hamil!

Banyak hal yang harus diperhatikan ibu hamil. Dari mulai makanan, pakaian, vitamin, hingga obat-obatan. Tidak semua obat💊 aman untuk diminum ibu hamil. Apa saja?


Obat tanpa resep apa saja yang harus dihindari ibu hamil?

📌Ibuprofen

Minum ibuprofen ketika hamil saat badan meriang, dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Risiko tersebut diantaranya, keguguran, jumlah cairan ketuban yang berkurang, bayi memiliki masalah jantung. Ibu hamil bisa minum obat ini apabila memang diresepkan✍🏻 oleh dokter.

📌Obat antijamur

Minum obat antijamur saat hamil harus diawasi oleh dokter. Hal ini karena kandungan dari obat antijamur bisa menembus plasenta dan berisiko menghambat laju perkembangan dari janin👶 di dalam kandungan.

📌Aspirin

Mengonsumsi aspirin dalam dosis yang tinggi saat hamil bisa mengakibatkan abrupsi plasenta atau keguguran. Apabila Anda merasa nyeri badan dan sakit kepala⚡ ketika hamil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman.


Jenis obat yang masih relatif aman bagi ibu hamil

✨Anti-biotik, anti-mual, anti-depresan

Meskipun antibiotik, anti-mual🤢, anti-depresan tergolong relatif aman bagi ibu hamil, Anda harus mengonsumsinya dibawah pengawasan dokter.

✨Obat sakit maag, asma, sembelit

Obat sakit maag (Antasida), obat asma, dan obat untuk melunakkan feses saat sembelit juga masih tergolong relatif aman.


Berkonsultasi dengan dokter!

Mungkin masih banyak jenis obat lainnya yang aman maupun kurang aman bagi ibu hamil yang belum disebutkan diatas. Ketika hamil, ibu hamil sebaiknya tidak sembarang meminum obat tanpa pengawasan dokter.👩‍⚕️ Karena itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum obat atau jika Anda memiliki obat yang biasanya sering Anda minum dari sebelum hamil.🥰