post-title

Diabetes Melitus pada Anak

Tahukah Anda? Diabetes melitus tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa. Namun, anak-anak juga bisa mengalaminya. Apa penyebabnya?🤔


Mengenal lebih dalam diabetes pada anak-anak

✨Tipe diabetes pada anak

Anak-anak pada umumnya lebih banyak mengalami diabetes melitus tipe 1 dibanding tipe 2. Diabetes tipe 2 biasanya lebih banyak dialami oleh orang dewasa contohnya ibu hamil🤰 atau lansia.

🙋Apa perbedaan diabetes tipe 1 dan tipe 2?

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh tubuh yang tidak bisa memproduksi hormon insulin. Pada diabetes tipe 2, produksi dari hormon insulin normal. Namun, sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin.


Hal apa yang menyebabkan diabetes pada anak?

💭Faktor genetik

Pada umumnya diabetes yang dialami oleh anak-anak terjadi karena faktor genetik. Jika salah satu anggota keluarga👨‍👩‍👧‍👦 ada yang menderita diabetes melitus, maka anak berisiko menderita diabetes.

📝Faktor lain

Faktor lainnya seperti anak yang lahir dengan berat badan⚖️ berlebih seperti di atas 4 kg berisiko mengalami diabetes meskipun orang tuanya tidak menderita diabetes.


Bagaimana mengobatinya?

💉Injeksi insulin

Injeksi insulin merupakan pengobatan dari diabetes melitus tipe 1. Dosis biasanya akan diberikan sesuai dengan rekomendasi dokter. Sebagai orang tua, Anda juga harus mengetahui cara injeksi insulin yang tepat agar anak merasa nyaman.😉

🍴Memerhatikan makanan anak

Anda juga sebaiknya memerhatikan indeks glikemik dari suatu makanan🍲 sebelum memberikannya pada anak. Hal ini dapat membantu mengendalikan diabetes anak.