post-title

Si Kecil Sensitif!

Tiap anak memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Salah satunya ada anak yang memiliki rasa sensitif✨ lebih tinggi dibandingkan anak lainnya. Apa saja faktor penyebabnya dan bagaimana cara membantunya?


Apa saja hal yang menjadi penyebab anak sensitif?

📝Faktor genetik

Berdasarkan penelitian dari molecular Psychiatry yang dilakukan pada tahun 2021 pada 2.868 individu yang kembar, hasil menunjukkan bahwa faktor genetik👩👨 47% merupakan salah satu hal yang membuat pribadi anak menjadi sensitif.

📝Faktor lainnya

Faktor lainnya seperti pengalaman hidup memengaruhi kepribadian anak sensitif. Pengalaman hidup seseorang dapat ikut membentuk kepribadian seseorang. Kepribadian sensitif ini juga bisa berkurang seiring pertumbuhan anak.🚶‍♀️


Tips mengatasi anak sensitif

💭Hindari memarahi namun mengevaluasi

Ketika mendisiplinkan anak, hindari memarahinya. Namun, evaluasi dengan cara memberitahu dengan sabar dan jelas apa kesalahannya dan bagaimana cara yang lebih baik dalam bersikap.😉

✔️Tidak membanding-bandingkan

Hindari membanding-bandingkan anak dengan orang lain👀. Hal ini dapat membuat anak tidak ingin membicarakan hal yang ia khawatirkan atau takutkan dengan Anda.

❤️Bantu anak atasi ketakutannya

Bantu anak untuk mengatasi rasa takutnya sedikit demi sedikit. Mengatasi rasa takut😖 bukanlah hal yang mudah dan harus dilakukan dengan perlahan.

🧒🏻Bantu anak menerima emosinya

Bantu anak menerima emosinya dengan mengajaknya bicara. Berikan pengertian padanya bahwa emosi marah, sedih, takut, kesal adalah hal yang normal.

💭Berempati

Ketika anak mengalami emosi atau tantrum di tempat umum, bawa anak ke tempat yang lebih sepi untuk mengurangi stimulasi dan usahakan untuk ikut berempati dengannya. Tanyakan dengan baik-baik apa yang membuatnya menangis atau marah lalu berikan pengertian🥰 dengan baik-baik.