post-title

Anak-Anak juga bisa Depresi!

Tahukah Anda? Tidak hanya orang dewasa atau remaja, anak-anak juga bisa mengalami depresi✨. Apa saja gejalanya dan bagaimana cara mengatasinya?


Apa saja gejala depresi pada anak-anak?

📌Gejala anak mengalami depresi

Gejala anak mengalami depresi diantaranya pola tidur anak berubah drastis, anak menjadi susah untuk berkonsentrasi, terlihat tidak bersemangat, tidak tertarik lagi dengan aktivitas yang biasanya ia sukai, lebih sering menangis😭 dan menarik diri. Anak bisa juga mengeluh sakit pada kepala atau pada perut karena stres.

☁️Biasanya tidak disadari orang tua

Pada usia anak yang masih kecil, orang tua biasanya tidak menyadari bahwa anaknya sedang mengalami depresi dan mengira anaknya hanya mengalami masalah perilaku. Apabila anak hanya bersedih sebentar dan kembali gembira beberapa jam⏲️ atau beberapa hari sesudahnya, maka itu adalah hal yang normal.

Tetapi, apabila anak bersedih atau mengalami gejala-gejala di atas selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, maka sebaiknya Anda membawa si kecil ke psikolog👩‍⚕️ untuk berkonsultasi.


Tips atasi depresi pada anak!

✔️Meluangkan waktu bersama anak

Usahakan untuk lebih banyak meluangkan waktu bersama anak. Hal ini untuk membantu anak meningkatkan suasana hatinya. Anda dapat melakukan berbagai hal bersama dengan si kecil seperti menonton📺, makan, bermain bersama.

🌬️Ajarkan teknik pernapasan

Anda dapat mengajarkan teknik pernapasan☘️ untuk relaksasi. Anda juga bisa membantu anak menetralkan pikirannya dengan cara membantu mengubah pikiran negatif anak menjadi pikiran positif.

❤️Usahakan untuk bersabar!

Usahakan untuk bersabar dalam menghadapi emosi anak🧒🏻 yang mungkin sedang mudah berubah-ubah. Pahami kondisi anak dan peluk serta berikan perhatian padanya.

👄Bantu anak mengekspresikan perasaannya

Ajak anak untuk tidak memendam, namun mengekspresikan perasaannya. Bersama di samping anak sambil mendengarkannya👂 dengan sabar akan sangat membantunya.