post-title

Tips Agar Anak Berani Tampil di Depan Umum!

Tiap anak tentunya memiliki sifat yang berbeda satu sama lain. Ada anak yang lahir dengan sifat pemberani, ada juga dengan sifat pemalu. Bahkan, tingkat pemalu anak satu sama lain juga tidaklah sama. Anak yang pemalu biasanya cenderung kurang berani untuk tampil di depan banyak orang👀. Bagaimana cara mengatasinya?


Hindari melakukan hal ini!

✨Hindari memaksa anak!

Jangan memaksa anak untuk berani tampil berbicara di depan banyak orang. Memaksa bisa menyebabkan anak trauma.

🧒🏻Tidak memarahi anak

Hindari memarahi anak bahkan hingga menyuruhnya menekan rasa takutnya. Ajak anak untuk menerima rasa takut dan gugup yang mereka rasakan. Berikan pengertian pada anak bahwa tiap orang pasti pernah mengalami rasa takut dan itu adalah hal yang normal.😉


Tips agar anak berani tampil di depan umum

🚗Datang ke lokasi lebih awal

Datang ke lokasi lebih awal akan memberikan waktu bagi anak untuk beradaptasi terlebih dahulu. Anak👧🏻 dapat beradaptasi dengan situasi dan lokasi tampil sehingga rasa gugupnya bisa berkurang.

👨‍👩‍👧‍👦Mengajak menonton pertunjukan

Ajak anak untuk menonton berbagai macam pertunjukan. Menonton pertunjukan dapat menjadi pembelajaran🤓 secara tidak langsung bagi anak mengenai cara bersikap dan tampil di depan umum. 

👏Memberi pujian

Berikan anak pujian ketika anak berani tampil di depan umum. Bahkan saat anak belum mendapatkan hasil yang baik dari pertunjukannya, tetap berikan pujian🥰 atas usaha dan keberaniannya.

🎨Jeli melihat bakat dan minat anak

Sebagai orang tua, jeli melihat bakat dan minat anak juga adalah hal yang penting. Dengan mengetahui apa bakat dan minat anak, orang tua dapat mendorong anak untuk mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan minatnya tersebut sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri❤️ anak.

💭Mendorong anak untuk berpendapat

Ajak anak untuk menyatakan pendapatnya. Contohnya, saat berkumpul keluarga, saat makan bersama🍴, dorong anak untuk ikut serta berbicara menyatakan pikiran atau perasaannya. Rutin melakukan hal ini juga akan menjadi pembelajaran bagi anak karena anak akan melihat bagaimana cara orang tuanya menyatakan pendapatnya.