post-title

Tips Kecilkan Perut Setelah Melahirkan!

Para ibu hamil biasanya akan bertanya-tanya, apakah setelah melahirkan perut akan langsung mengecil? Berapa lama sampai ukuran perut bisa kembali normal?🤔


Apakah perut akan langsung mengecil sesudah melahirkan?

🙋Perut langsung mengecil?

Perut tidak akan langsung mengecil kembali normal segera sesudah melahirkan. Hal ini karena perlu waktu🗓️ bagi tubuh untuk kembali ke bentuk semula.

⏲️Berapa lama waktu yang diperlukan?

Sampai ukuran perut bisa kembali ke ukuran semula, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan. Namun, bisa juga diperlukan waktu lebih dari itu karena tiap orang memiliki sistem metabolisme tubuh yang berbeda satu sama lain.😉

📌Perlukah memakai korset sesudah melahirkan?

Korset dapat membantu memperbaiki postur perut sesudah persalinan. Namun, hindari memakainya terlalu lama atau terlalu kencang⚡. Hindari terlalu melilitkan ke atas, tapi lilitkan pada bagian bawah perut.


Tips kecilkan perut setelah melahirkan!

🤱Menyusui

Menyusui dapat membantu membakar kalori. Selain membakar kalori, menyusui juga memperkuat ikatan dengan si kecil. Menyusui selama 6 bulan pertama setelah melahirkan akan membantu menurunkan berat badan⚖️ dengan lebih cepat.

🍽️Atur pola makan

Atur pola makan dengan makan dalam porsi kecil namun sering. Hindari melakukan diet yang ekstrem yang menyebabkan tubuh stres atau kelaparan karena dapat memengaruhi produksi ASI. Hindari pula makan makanan cepat saji.🍔

🍳Makan makanan bernutrisi

Konsumsi makanan bergizi yang meliputi karbohidrat, lemak sehat, protein, serat, mineral, dan vitamin. Makan makanan bergizi dapat membantu mengecilkan perut sekaligus memberikan asupan nutrisi✨ yang cukup bagi ASI.

✔️Olahraga secara rutin

Olahraga dengan rutin dapat membantu mengecilkan perut dan mengencangkan perut. Namun, hindari olahraga terlalu berat karena Anda masih dalam tahap pemulihan pasca melahirkan. Anda juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️ sebelum ingin berolahraga rutin untuk mengecilkan perut.