post-title

Depresi Pasca Melahirkan?

Depresi tidak hanya bisa terjadi saat hamil, namun juga bisa dialami setelah melahirkan. Apa saja penyebab, gejala dan cara mengatasinya?🤔


Kenali gejala depresi pasca melahirkan!

📝Gejala depresi pasca melahirkan

Berbagai gejala depresi pasca melahirkan diantaranya adalah frekuensi menangis yang lebih sering, lebih sensitif, cemas, gelisah ingin menjauh dari keluarga, merasa bersalah, sulit tidur, sakit kepala, tidak nafsu makan, tidak bersemangat yang berlangsung dalam waktu yang lama, hingga enggan untuk merawat bayi👶.

🙋Hal apa yang menyebabkannya?

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya depresi pasca melahirkan. Dari riwayat psikologis, masalah keuangan, perubahan hormon, kesulitan saat memberi ASI🤱, atau memiliki konflik dengan pasangan.


Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

💖Cerita pada orang terdekat

Cerita pada orang terdekat seperti pasangan, teman dekat, atau anggota keluarga dapat membantu mengatasi depresi pasca melahirkan. Menceritakan segala kekhawatiran atau kecemasan Anda dapat membuat hati Anda merasa lebih lega.😊

💑🏽Meminta bantuan pasangan

Anda juga dapat meminta bantuan pada pasangan atau anggota keluarga jika Anda merasa kewalahan dalam mengurus bayi Anda. Dukungan dari pasangan dan anggota keluarga🏠 berperan besar dalam membantu mengatasi depresi pasca melahirkan.

✔️Menyempatkan diri melakukan hal yang disukai

Sibuk merawat bayi yang baru lahir memang membuat Anda sering tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal yang biasanya Anda gemari. Namun, usahakan untuk menyempatkan waktu walau sebentar saja untuk melakukan hal yang Anda sukai, misalnya bertemu teman sebentar untuk mengobrol santai, membaca buku📙, atau sekedar beristirahat santai di rumah.

📌Berolahraga secara rutin

Anda dapat berolahraga rutin walau di rumah saja. Misalnya berjalan kaki di sekitar rumah, atau yoga🧘🏻‍♀️. Tapi, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan olahraga yang tepat bagi kondisi Anda.

🏥Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater

Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater mengenai kondisi Anda sangatlah membantu untuk mengatasi depresi pasca melahirkan. Biasanya akan dilakukan sesi konseling dan jika diperlukan dokter akan meresepkan obat antidepresan untuk Anda yang harus diminum di bawah pengawasan dokter👩‍⚕️.