post-title

Mengapa Hamil di Usia Tua Berbahaya?

Hamil pada usia tua, di usia lebih dari 35 tahun lebih memiliki risiko. Namun, tidak perlu khawatir, karena dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja risikonya, Anda dapat mengurangi peluang terjadinya risiko tersebut.😉


Berbagai risiko hamil di usia tua

📌Ibu mengalami gangguan kesehatan

Hamil di usia tua dapat menyebabkan ibu hamil🤰 mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi, diabetes, preeklamsia, hingga plasenta previa.

☘️Tingkat kesuburan menurun

Tingkat kesuburan wanita biasanya mulai menurun sesudah usia 35 tahun. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon✨ yang menyebabkan perubahan ovulasi, penurunan kualitas sel telur, atau penurunan jumlah sel telur yang dihasilkan.

👶Risiko pada bayi

Hamil di usia tua dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir lebih awal dari perkiraan🗓️, hingga bayi lahir dengan kondisi cacat lahir.

⚡Mengalami keguguran

Risiko mengalami keguguran biasanya meningkat pada wanita yang hamil pada usia tua. Keguguran disebabkan oleh gangguan pada genetika atau kromosom janin, hingga kondisi kesehatan ibu hamil🤰 yang kurang baik.


Berikut tips agar kehamilan sehat pada usia tua!

⚖️Mengontrol berat badan

Usahakan untuk selalu mengontrol📝 penambahan berat badan ketika hamil. Penambahan berat badan yang sehat bagi wanita dengan berat badan yang sudah ideal adalah 11 hingga 15 kg. Untuk wanita dengan berat badan berlebih, penambahan berat badan ideal adalah 6-11 kg.

💡Deteksi kemungkinan gangguan kromosom janin

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan👩‍⚕️ untuk melakukan pemeriksaan kandungan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada janin. Pemeriksaan tersebut diantaranya USG, pemeriksaan darah janin melalui plasenta, pemeriksaan cairan ketuban atau amniosentesis.

🍊Asupan nutrisi

Pastikan untuk selalu mencukupi asupan nutrisi selama hamil. Selain makan makanan yang sehat, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Untuk suplemen, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jumlah asupan yang tepat bagi kondisi tubuh Anda.😊

✍🏻Rutin pemeriksaan kandungan

Usahakan untuk selalu menepati jadwal rutin pemeriksaan kandungan Anda🏥. Pemeriksaan kandungan sangat penting agar Anda dapat selalu memastikan kondisi Anda dan janin.