post-title

Perkembangan Otak Janin saat Hamil Penting, lho!

Otak janin mengalami perkembangan dari saat masih di dalam kandungan hingga ia besar nanti. Bagaimana perkembangan otak janin di tiap trimester kehamilan? Faktor apa saja yang memengaruhi perkembangan otak🧠 janin di dalam kandungan?


Perkembangan otak janin di tiap trimester kehamilan

💭Trimester pertama kehamilan

Kurang lebih 3 minggu sesudah pembuahan, otak janin sudah mulai berkembang. Lalu, di minggu ke 5 hingga 8 kehamilan, tabung saraf menutup dan terbagi menjadi 3 bagian, otak depan, otak belakang, otak tengah.😊

📌Trimester kedua kehamilan

Di trimester kedua ini, tepatnya pada minggu ke 18 kehamilan, myelin mulai menyelubungi saraf bayi. Myelin berperan dalam mempercepat pengantaran pesan antar sel-sel saraf. Lalu, di akhir trimester kedua, perkembangan batang otak bayi👶 sudah hampir matang.

🎈Trimester ketiga kehamilan

Perkembangan otak janin paling pesat terjadi pada trimester ini. Permukaan pada otak bayi juga sudah makin berlekuk seperti bentuk otak orang dewasa pada umumnya. Di minggu ke 28 kehamilan, janin juga sudah bisa bermimpi😴 yang biasanya terjadi pada gelombang otak di tahap REM.


Faktor apa saja yang dapat memengaruhi perkembangan otak janin?

✨Asupan nutrisi

Asupan nutrisi penting untuk diperhatikan dari sebelum hamil. Saat hamil, asupan gizi seimbang, salah satunya kolin penting bagi perkembangan otak janin. Hal ini karena kolin berperan dalam mencegah gangguan perkembangan otak janin. Kolin terdapat dalam daging sapi, telur🥚, hati.

☘️Faktor lingkungan

Paparan polusi udara💨 yang tinggi di awal dan akhir kehamilan dapat memberikan efek yang tidak baik bagi janin, seperti lahir lebih awal atau prematur, lahir dengan berat badan rendah, hingga memengaruhi perkembangan otak.


Tips maksimalkan perkembangan otak janin!

🍽️Makanan bergizi

Makan makanan bergizi khususnya yang mengandung protein, asam lemak omega-3, dapat membantu memaksimalkan perkembangan otak🧠 janin di dalam kandungan.

✔️Kelola stres

Usahakan untuk dapat mengelola stres dengan baik. Hal ini karena tingkat stres yang tinggi yang dialami ibu hamil🤰 saat masa kehamilan dapat memengaruhi perkembangan otak janin. Anda dapat mengelola stres dengan cara pergi dengan teman, melakukan kegiatan yang digemari seperti menonton film, membaca buku, atau berolahraga.

💡Mengonsumsi asam folat

Berdasarkan CDC atau Centers for Disease Control and Prevention, asam folat sangatlah penting untuk membantu mencegah kemungkinan dari cacat lahir khususnya tulang belakang dan otak janin. Kadar asam folat yang direkomendasikan adalah 400 mg per hari.😉