post-title

Kafein Pengaruhi Kesuburan?

Tahukah Anda? Kafein☕ juga dapat memengaruhi tingkat kesuburan lho! Memengaruhi secara baik ataukah buruk? Simak bahasan selengkapnya berikut ini!


Apakah benar kafein memengaruhi kesuburan?

🙋Benar atau tidak?

Sampai saat ini, belum ada bukti yang membuktikan bahwa kafein memengaruhi kesuburan. Namun, kafein memang bisa mempersempit pembuluh darah dan merangsang sistem saraf yang bisa memengaruhi kehamilan.🤰

🤔Adakah batas maksimal konsumsi kafein yang aman?

Batas ideal mengonsumsi kafein bagi wanita yang sedang dalam program hamil maupun ibu hamil adalah hingga 200 mg dalam sehari. Tetapi, hal yang perlu Anda perhatikan, kafein tidak hanya terdapat di dalam kopi, namun juga cokelat, soda🥤, dan teh. Tidak hanya bagi wanita, namun untuk pria yang juga dalam persiapan memiliki keturunan juga sebaiknya tidak mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan.


Efek positif dan negatif kafein untuk sistem reproduksi pria

💡Efek positif

Kafein memiliki efek positif untuk sistem reproduksi pria apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Berdasarkan penelitian, kafein bermanfaat membuat sperma untuk lebih mudah menembus lendir di leher rahim sehingga pembuahan dapat terjadi lebih cepat. Selain itu, kafein juga mendorong pergerakan sperma menjadi lebih cepat sehingga dapat lebih cepat bertemu dengan sel telur🥚 wanita.

💭Efek negatif

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, kafein☕ dapat menurunkan kuantitas dan kualitas dari sperma dan memicu tingginya tingkat radikal bebas dalam tubuh yang dapat memengaruhi pembentukan dari bagian sperma dan proses pematangannya.

Konsumsi kafein yang terlalu banyak juga dapat merusak bagian dari sperma khususnya bagian kepala. Hal ini dapat menyebabkan bakal janin mengalami gangguan genetik yang merupakan penyebab cacat yang dialami bayi👶 dari lahir.


Tips kesuburan pria dan wanita

🍲Jaga pola makan

Mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi✨ dan menjaga pola makan berperan penting dalam kesuburan pria maupun wanita.

☁️Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik

Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Konsumsi berbagai macam makanan dan minuman dalam jumlah yang tidak berlebihan.😉

📌Kelola stres

Usahakan untuk mengelola stres dengan baik. Anda dapat mencari hobby atau bahkan sekedar menuliskan📝 atau membicarakan hal yang mengganggu pikiran Anda dengan pasangan atau teman dekat.