post-title

Depresi saat Hamil

Kehamilan biasanya membawa kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Akan tetapi, banyak dari ibu hamil justru mengalami depresi selama mengandung sang buah hati. Apakah depresi saat hamil itu normal?🤔 Berikut penjelasannya.


Apa itu depresi saat hamil?

❤️Gangguan suasana hati ibu hamil

Depresi pada masa kehamilan merupakan sebuah gangguan suasana hati yang dirasakan oleh ibu hamil. Berdasarkan The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), kurang lebih 14-23 persen ibu hamil🤰 berjuang dengan depresi selama masa kehamilan.

✨Hormon dan faktor lainnya menjadi penyebab depresi

Saat hamil, depresi tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Biasanya, banyak yang berasumsi hormon menjadi faktor utamanya. Padahal, faktor lingkungan seperti pekerjaan, hubungan suami istri💑🏽, atau alasan lainnya dapat menjadi penyebab depresi bagi ibu hamil.


Apa saja gejala depresi saat hamil?

😖Cepatnya perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati seperti menjadi mudah marah oleh hal-hal yang sepele maupun merasa sedih😭 yang berlebihan walaupun tidak terjadi suatu masalah juga menjadi salah satu gejala depresi bagi ibu hamil.

☁️Cemas yang berlebihan

Cemas berlebihan saat mengandung janin👶 juga dialami oleh ibu hamil. Kekhawatiran dan ketakutan berlebihan akan kesehatan bayi akan memicu pikiran negatif seperti merasa bersalah kepada bayi dan merasa tidak mampu menjadi orang tua yang baik.

💭Kehilangan minat pada lingkungan sekitar

Hal-hal yang dianggap menarik sebelum hamil menjadi sesuatu yang tidak menarik lagi saat hamil. Ketertarikan pada lingkungan sekitar maupun pada orang lain berkurang bahkan hilang. Hal ini juga menjadi salah satu gejala depresi yang perlu diperhatikan.👀


Bahaya depresi saat hamil

📝Kurangnya nutrisi dan tubuh mengalami stres

Depresi yang tidak diobati dengan baik dapat merubah pola makan dan kesehatan ibu hamil. Pola makan yang tidak baik dan hidup yang kurang sehat menyebabkan kurangnya nutrisi yang didapat. Nutrisi yang baik sangat penting demi kesehatan ibu dan janin. Sehingga pastikan nutrisi untuk ibu dan bayi tercukupi.😉

👶Perkembangan bayi kurang optimal 

Pikiran negatif dan kurangnya nutrisi dari ibu hamil dapat memengaruhi janin. Selain perkembangan bayi kurang optimal, komplikasi pada kehamilan pun dapat terjadi.


Penanganan depresi pada ibu hamil

💖Mengikuti kelompok pendukung ibu hamil

Kelompok pendukung ibu hamil dapat mengurangi perasaan cemas dan kesepian karena saling membantu satu sama lain atas dasar memiliki masalah atau mengalami hal yang sama.😊

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan psikolog

Pentingnya meminta pertolongan kepada seorang profesional untuk mengatasi depresi untuk ibu hamil.🤰 Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan agar depresi dapat ditangani dengan baik.

☘️Menjalani hidup sehat

Cukup istirahat, makan dengan nutrisi yang baik🍴, berolahraga secara rutin, dan kegiatan positif lainnya dapat membantu mengatasi depresi dan berdampak baik bagi tubuh dan suasana hati.