post-title

Si Kecil Agresif?

Apakah pernah melihat anak yang suka menggigit saat merasa gemas maupun sering memukul dan melakukan tindakan serupa lainnya? Apakah tindakan tersebut merupakan tindakan agresif atau hanya luapan emosi biasa pada anak?🤔 Mari kita bahas secara lebih lengkap.


Apa itu perilaku agresif dan apa penyebabnya?

⚡Ledakan emosi secara agresif

Luapan emosi anak yang ditunjukkan tanpa ada arahan yang tepat membuat anak mengungkapkan emosinya secara tidak baik sehingga muncul tujuan untuk menyakiti orang lain. Perilaku fisik dan verbal👄 anak secara agresif menjadi indikasinya.

📌Faktor eksternal menjadi salah satu penyebab anak agresif

Faktor luar seperti tontonan televisi📺 yang menunjukkan kekerasan, mendapatkan kekerasan dari orang sekitar, dan permainan yang mengarah pada kekerasan dapat menyebabkan anak bertindak agresif.


Tanda-tanda anak agresif

😞Hilang kesabaran dan mudah marah

Saat anak merasa gemas dengan orang lain atau tidak mendapat sesuatu yang ia inginkan, anak🧒🏻 yang agresif dapat dengan mudah kehilangan kesabaran dan mudah marah kepada orang sekitarnya.

✨Mudah tersinggung sehingga sulit bersosialisasi

Saat anak bertemu teman👧🏻 atau orang lain, biasanya akan timbul perselisihan sehingga membuat anak tersinggung kemudian keluarlah amarah secara agresif. Hal ini membuat orang sekitar menjadi sulit untuk mendekat dan berteman.

😠Anak lebih mudah frustasi

Anak yang agresif cenderung sulit untuk meluapkan emosinya secara tepat, sehingga membuat anak tidak tahu cara untuk meluapkannya🤔. Hal ini membuatnya lebih mudah merasa frustasi atas emosi yang dirasakan.


Bagaimana mengatasi anak yang agresif?

💡Berikan arahan dan penjelasan terkait tindakan yang baik dan salah

Orang tua harus menjelaskan perbuatan yang baik dan yang salah kepada anak. Bersikap tegas dan memberi tahu konsekuensi atas perilaku anak sangatlah penting agar anak tahu bahwa hal-hal yang dilakukannya salah.😉

🪞Orang tua adalah cermin bagi anak

Sebagai orang tua hendaknya tidak ikut emosi saat anak sedang agresif dan hindari melakukan tindakan yang kurang baik di depan anak. Anak cenderung meniru perbuatan orang tua baik secara fisik maupun verbal.💭

💖Mengajarkan pengungkapan emosi yang benar pada anak

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak mengenai cara mengendalikan emosi dengan benar. Berikan contoh dan beritahu bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengatur emosi.😊