post-title

Kista Ovarium & Peluang Hamil

Tidak sedikit wanita yang memiliki kista ovarium, bahkan tidak menyadarinya. Lalu, apakah kista ovarium bisa memengaruhi peluang untuk hamil🤰? 


Mengetahui lebih dalam kista ovarium

🤔Adakah gejala yang dirasakan jika memiliki kista ovarium?

Biasanya, kista ovarium tidak memunculkan gejala khusus. Jika ada gejala, biasanya disebabkan oleh kista yang berukuran besar yang menekan indung telur.😞

❓Apakah bisa tetap hamil?

Dengan menjalani pola hidup yang sehat, wanita dengan kista ovarium bisa tetap hamil. Untuk jenis kista ovarium yang memengaruhi kesuburan wanita, sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter👩‍⚕️ untuk memantau dan mendapatkan pengobatan.


Apa saja jenis kista ovarium yang memengaruhi kesuburan?

⚡Endometriosis

Endometriosis disebabkan oleh jaringan dinding rahim yang lepas lalu menempel pada organ tubuh lain, yaitu pada panggul, tuba falopi, atau indung telur. Endometriosis biasanya menyebabkan perdarahan pada vagina, nyeri ketika berhubungan seksual💑🏽, ketika haid, dan rasa nyeri pada panggul.

📌PCOS atau Sindrom Polikistik Ovarium

Tanda dari sindrom polikistik ovarium atau PCOS diantaranya adalah menstruasi tidak teratur, rambut rontok, muncul banyak jerawat, meningkatnya bulu di area tubuh tertentu, berat badan naik⚖️. Penyebab dari PCOS adalah adanya gangguan hormon yang berperan dalam mengatur kinerja dari organ reproduksi wanita.


Lalu, bagaimana dengan kista ovarium yang tidak memengaruhi kesuburan?

Ketiga jenis kista dibawah ini biasanya tidak memengaruhi kesuburan🌱. Namun, tetap dapat memengaruhi kesuburan apabila ukurannya sangat besar, menyebabkan gejala parah, mengganggu suplai darah ke ovarium, ataupun pecah.

💭Kista dermoid

Tidak seperti jenis kista lainnya, kista dermoid tidak mengandung cairan. Kista dermoid biasanya telah ada dari sejak lahir👶, tidak bergejala, dan memiliki jaringan tubuh.

💡Kista fungsional

Kista jenis ini adalah jenis kista yang paling sering dialami wanita. Contohnya kista luteum atau kista follicular. Kista ini biasanya terjadi saat siklus haid dan menandakan Anda sedang subur.☘️

📝Kista cystadenomas

Kista cystadenomas memerlukan perawatan khusus namun tidak mengganggu kesuburan. Kista ini timbul dari permukaan ovarium, atau juga indung telur.