post-title

Bahaya Hamil di Usia Terlalu Muda

Hamil di usia terlalu muda seperti di bawah umur 20 tahun bisa berbahaya tidak hanya bagi ibu hamil namun juga bagi janin👶 di dalam kandungan. Apa saja bahayanya?


Bahaya hamil di umur terlalu muda bagi ibu hamil

☁️Mengalami komplikasi kehamilan

Hamil di usia yang terlalu muda meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Contohnya preeklamsia, anemia dan tekanan darah tinggi yang apabila dibiarkan begitu saja dapat membahayakan keselamatan ibu hamil🤰 dan janin.

📝Kurangnya persiapan

Kurangnya persiapan dari segi fisik dan mental karena usia yang masih terlalu muda dapat membahayakan kehamilan. Dari segi fisik, organ panggul dan rahim remaja belum terlalu kuat untuk menampung janin. Hal ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, persalinan yang sulit, atau perdarahan✨.

Dari segi mental, wanita yang hamil di bawah umur 20 tahun cenderung menderita stres😞 saat hamil maupun depresi pasca melahirkan. Hal ini bisa disebabkan oleh beban karena merasa dirinya belum siap untuk hamil dan memiliki anak.

📌Terserang penyakit kelamin

Wanita di bawah umur 20 tahun yang aktif melakukan hubungan intim lebih berisiko terserang penyakit kelamin. Contohnya, sifilis yang dapat menyebabkan bayi mengalami kebutaan, HPV atau Human Papilloma Virus🦠 yang mengakibatkan kanker serviks. 


Bahaya hamil di usia terlalu muda bagi janin

💭Bayi mengalami cacat lahir

Bayi berisiko mengalami cacat lahir karena sel telur wanita yang masih berumur kurang dari 20 tahun biasanya masih belum sempurna. Ditambah tingkat kepedulian yang masih kurang makin membuat bayi👶 berisiko lahir dengan kondisi cacat.

🗓️Bayi lahir lebih awal

Rahim yang masih belum siap untuk mengalami kehamilan membuat bayi berisiko lahir prematur. Risiko kematian janin juga meningkat pada kasus tertentu yang dialami oleh wanita yang hamil🤰 kurang dari usia 20 tahun.

🥣Kurangnya asupan nutrisi

Hamil di usia kurang dari 20 tahun atau pada usia remaja yang masih dalam masa pertumbuhan📈 membuat tubuh sang ibu dan janin di dalam kandungan menjadi saling berebut nutrisi sehingga dapat menyebabkan janin ataupun ibu hamil kekurangan asupan nutrisi.


Tips menjaga kesehatan jika hamil pada usia muda

🍲Pastikan asupan nutrisi tercukupi

Pastikan asupan nutrisi tercukupi baik ibu hamil maupun bagi janin di dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan bergizi tiap harinya dan mengonsumsi suplemen dari dokter kandungan👩‍⚕️ jika diperlukan.

💡Hindari hal berikut!

Hindari minum minuman beralkohol, mengonsumsi obat terlarang, dan stop merokok atau jauhi asap rokok🚬 ketika hamil. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda dan bayi di dalam kandungan.

✔️Rutin melakukan pemeriksaan kandungan

Usahakan untuk selalu menepati jadwal pemeriksaan kandungan. Melakukan pemeriksaan kandungan🏥 secara rutin sangat penting dilakukan untuk memastikan kondisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan.