post-title

Si Lezat, Gorengan

Rasa gorengan yang gurih dan lezat mampu membangkitkan selera makan orang yang mengonsumsinya tak terkecuali ibu hamil. Bagaimana cara ibu hamil memuaskan rasa ngidam dengan bijak dan sehat? Mari simak tips dan trik berikut!😊


Ngidam gorengan saat hamil

🙋Boleh tidak ya makan gorengan saat hamil?

Tentunya ibu hamil boleh saja mengonsumsi gorengan asal tidak berlebihan. Asupan nutrisi ibu hamil🤰 perlu diperhatikan agar perkembangan janin terawat dan dapat tumbuh dengan sehat.

❓Mitos atau fakta?

Makan gorengan saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir dengan adanya kotoran coklat di kepala adalah mitos. Yang perlu diperhatikan adalah dampaknya terhadap kesehatan ibu dan bayi👶.


Dampak dari makan gorengan yang berlebihan saat hamil

✨Batuk dan sakit tenggorokan

Gorengan adalah makanan yang diproduksi melalui proses menggoreng dengan minyak yang banyak yang dapat menyebabkan batuk dan rasa gatal pada tenggorokan.😞

⚖️Memicu obesitas/overweight

Saat hamil, nafsu makan seringkali berkurang apabila harus mengonsumsi makanan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, ibu hamil beralih ke makanan seperti gorengan yang dapat meningkatkan nafsu makan🍽️. Akan tetapi, hal ini dapat berujung pada kelebihan berat badan, obesitas, penyakit jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan diabetes gestasional.

⚡Meningkatkan risiko terkena kanker

Makanan yang mengandung karbohidrat dan telah melalui proses penggorengan dapat meningkatkan risiko terkena kanker karena adanya zat-zat yang dapat memiliki efek bersifat karsinogenik. Minyak yang digunakan berulang😖 kali mengandung racun bentonit yang dapat menyebabkan kanker.

🤢Hormonal terganggu sehingga menimbulkan rasa mual dan muntah

Ibu hamil sangat rentan merasa mual, muntah, dan juga mengalami morning sickness karena meningkatnya asam lambung. Makan gorengan dapat meningkatkan rasa mual dan muntah🤮 tersebut.

☁️Diabetes gestasional 

Berdasarkan Time, terdapat studi dalam jurnal Diabetologia yang menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi gorengan sebanyak tujuh kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko sebesar 88% untuk terkena diabetes gestasional. 


Perhatikan asupan gizi demi kesehatan janin

💡Sumber lemak jahat

Jenis makanan seperti creamer, margarin makanan kemasan seperti biskuit, dan makanan ringan lainnya mengandung lemak jahat yang berisiko menyebabkan bayi terlahir dengan fisik kecil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengecek nutrisi✅ setiap sebelum mengonsumsi suatu produk.

🔎Tips makan gorengan dengan bijak

Jika ngidam gorengan, ibu hamil tetap bisa mengonsumsinya kok. Yang penting, gorengan diolah di rumah🏠 supaya lebih sehat. Pilihlah minyak dengan kualitas yang bagus dan jangan gunakan minyak goreng secara berulang.

📌Asupan gizi yang dianjurkan

Makanan sehat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yaitu makanan yang banyak mengandung zat besi (kacang-kacangan, sayuran hijau gelap, daging tanpa lemak), asam folat, kalsium (tempe, kacang merah, susu kedelai, tahu), dan vitamin D (ikan salmon🐟, telur, daging).