post-title

Musik bagi Janin dan Bumil

Mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Tetapi, tahukah Anda bahwa janin dalam kandungan juga memiliki kemampuan mendengarkan musik🎵 saat memasuki trimester ketiga? Mari kita bahas secara lebih lengkap.


Manfaat musik bagi janin

🧠Otak berkembang dengan baik

Musik dapat merangsang perkembangan otak bayi👶 sejak dalam kandungan. Struktur otak pada janin dapat dirangsang melalui mendengarkan musik. Akan tetapi, perlu ditegaskan bahwa dengan mendengarkan musik tidak menjamin bayi menjadi cerdas. 

👂Indra pendengaran meningkat

Janin dapat merespon musik yang didengar. Telinga bayi dalam kandungan berkembang dengan pesat pada minggu ke-24📅. Sehingga, dengan mendengarkan musik, bayi dapat lebih berkonsentrasi pada hal yang ia dengar.

📌Peningkatan refleks pada janin

Bayi dalam kandungan dapat merasakan getaran terhadap suara musik yang didengarnya. Hal ini akan membuat bayi merespon getaran yang dirasakan. Sehingga, adanya respon tersebut membantu dalam perkembangan refleks gerak bayi.✨


Manfaat musik bagi ibu hamil

☁️Mengurangi risiko depresi dan stres

Mendengarkan musik dapat menenangkan situasi hati yang buruk untuk ibu hamil. Perubahan hormon saat hamil dapat memicu perubahan suasana hati yang tidak menentu. Mendengarkan musik dapat menghasilkan hormon serotonin dan endorfin untuk membuat perasaan bahagia.😊

💤Mengatasi kesulitan tidur

Ibu hamil sering mengalami kesulitan untuk tidur karena perubahan kondisi fisik dan mental. Berdasarkan penelitian Effect of Music Listening in Pregnant Women, kualitas tidur dapat ditingkatkan dengan mendengarkan musik untuk ibu hamil.🤰


Cara yang benar dalam memperdengarkan musik untuk janin

✔️Musik bervolume sedang

Volume musik yang benar untuk bayi yaitu volume yang setara dengan volume suara saat melakukan percakapan💭. Sehingga tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil.

✋Tidak menempelkan peranti dengar secara langsung

Hindari menempelkan alat pendengar musik seperti headphone secara langsung ke perut. Alat pendengar musik yang ditempelkan langsung ke perut membuat suara musik lebih kuat, sehingga dapat merusak telinga👂 bayi dalam kandungan.

💖Musik klasik baik untuk janin

Para ahli merekomendasikan musik klasik untuk didengarkan saat hamil. Ini dikarenakan musik klasik🎹 dipercaya dapat membuat janin bahagia dan merasa nyaman.