post-title

Mengapa Sulit Hamil?

Sebagian besar pasangan suami istri pastinya ingin cepat dikaruniai anak sesudah menikah. Tetapi, tidak semua pasangan bisa langsung mempunyai anak segera sesudah menikah. Ada pasangan yang sulit untuk memiliki momongan👶. Apa saja penyebabnya?


Gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan sulit hamil

✨Kelainan rahim

Kelainan rahim merupakan salah satu penyebab yang membuat wanita menjadi sulit untuk hamil🤰. Contoh kelainan rahim diantaranya adalah rahim memiliki bentuk yang tidak normal, tumor jinak di otot halus pada rahim bagian dalam.

☁️Memiliki penyakit autoimun

Memiliki penyakit autoimun juga dapat membuat wanita menjadi sulit hamil. Hal ini karena penyakit autoimun menyebabkan sistem imun tubuh menyerang sel yang normal sehingga dapat merusak⚡ sel tubuh yang terdapat di organ reproduksi.

📌PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome

PCOS merupakan gangguan keseimbangan hormon yang membuat produksi hormon progesteron dan estrogen terganggu.

💭Endometriosis

Jaringan yang tumbuh diluar rahim menyebabkan terjadinya endometriosis. Endometriosis menyebabkan kualitas sel telur🥚 menjadi menurun dan sulit hamil.


Gaya hidup yang membuat sulit hamil

🚬Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat berdampak buruk pada kesuburan wanita maupun pria. Racun yang terkandung di dalam bahan rokok dan asap dapat menyebabkan jumlah telur di dalam ovarium menjadi menurun dan menurunkan kuantitas dan kualitas sperma pria.😞

🛏️Kualitas dan kuantitas tidur yang buruk

Kualitas dan kuantitas tidur yang buruk dapat membuat kemampuan reproduksi wanita menjadi memburuk. Kurang tidur menyebabkan produksi hormon menjadi terganggu.

⚖️Kelebihan atau kekurangan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas maupun berat badan yang terlalu rendah juga dapat membuat sulit hamil🤰. Lemak yang terlalu banyak pada tubuh bisa menghambat ovulasi. Sedangkan kekurangan berat badan dapat membuat tubuh melepaskan sel telur di waktu yang tidak tepat.


Lantas harus bagaimana?

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Berkonsultasi dengan dokter diperlukan untuk mengetahui secara jelas faktor yang menjadi penyebab Anda sulit hamil. Mengetahui penyebab dengan jelas dapat membantu mengetahui solusi✍🏻 yang paling tepat dalam mengatasinya.

✔️Melakukan gaya hidup sehat

Lakukan gaya hidup sehat seperti makan secara teratur, cukup tidur, dan hindari merokok atau minum-minuman beralkohol🍷. Stres yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan sulit hamil. Karena itu, usahakan pula untuk mengontrol stres seperti melakukan kegiatan yang disukai, atau berolahraga ringan.