post-title

Madu untuk Bumil

Madu terkenal kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Banyaknya manfaat madu🍯 membuat tidak sedikit orang mengonsumsinya, termasuk juga ibu hamil. Mari simak bahasan berikut ini.


Bolehkah mengonsumsi madu saat hamil?

👶Madu berisiko untuk bayi

Madu memiliki kandungan bakteri🦠 yang bernama Clostridium botulinum. Bakteri ini menyebabkan penyakit botulisme yang mudah menyerang bayi. Oleh karena itu, bayi yang berusia di bawah 1 tahun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi madu karena saluran pencernaan bayi masih belum kuat untuk memisahkan antara racun dengan bakteri.

📌Tidak ada risiko untuk ibu hamil dan janin

Ibu hamil dapat mengonsumsi madu tanpa rasa khawatir karena bakteri Clostridium botulinum pada madu tidak dapat menembus dan melewati plasenta, serta penularan penyakit botulisme tidak mungkin terjadi pada ibu hamil🤰 dan janin.


Manfaat madu bagi ibu hamil

🤢Mengurangi rasa mual

Rasa mual yang sering dialami ibu hamil dapat berkurang dengan mengonsumsi madu. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan madu dengan air hangat atau teh.

✨Menjaga imun tubuh

Madu memiliki banyak nutrisi yang baik untuk menjaga imun tubuh serta menambah energi jika rutin dikonsumsi. Daya tahan tubuh yang baik sangatlah penting demi kesehatan ibu hamil dan janin.😉

📌Mengatasi perut yang tidak nyaman

Mengonsumsi madu dapat membantu meredakan rasa begah di perut pada ibu hamil, sehingga kualitas tidur🛏️ pun akan meningkat karena berkurangnya ketidaknyamanan pada perut. 


Cara mengonsumsi madu untuk ibu hamil

✔️Mengonsumsi sesuai kebutuhan tubuh

Madu tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan gula darah. Madu sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 3-5 sendok makan.🥄

🐝Memilih madu murni

Pastikan madu yang dikonsumsi tidak mengandung gula tambahan. Madu murni yang dapat menjadi pilihan ibu hamil🤰 diantaranya madu sumbawa, madu manuka, madu rambutan. Gula tambahan pada madu dapat memicu penyakit diabetes, sehingga perlu waspada dalam memilih madu.

⚡Alergi madu pada ibu hamil

Kemerahan, dan pembengkakan pada tubuh saat mengonsumsi madu, bisa menjadi pertanda dari reaksi alergi. Segeralah konsultasi ke dokter👩‍⚕️ untuk mengatasinya.