post-title

Pentingnya Magnesium bagi Bumil

Wanita yang sedang mengandung memerlukan makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya makanan yang mengandung magnesium. Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang paling penting untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu.💖


Manfaat magnesium untuk ibu hamil dan janin

🌬️Merelaksasi otot

Magnesium berfungsi untuk merelaksasi otot pada ibu hamil. Sehingga, tidak hanya dapat merangsang dan menjaga kontraksi otot, magnesium juga dapat mengurangi kram yang dirasakan selama masa kehamilan.🤰

👶Membantu pertumbuhan janin 

Gigi dan tulang🦴 bayi dapat terbentuk dengan baik jika ibu hamil mengonsumsi magnesium yang cukup. Kadar konsumsi yang tepat yaitu antara 350-360 miligram. Sehingga pastikan Anda mengonsumsinya secara cukup demi tumbuh kembang si kecil.

📌Menjaga kesehatan ibu hamil

Magnesium berperan dalam menjaga gula darah dan pengaturan insulin. Tidak hanya itu saja, Salah satu jenis mineral ini sangat penting dalam pengaturan sebagian besar sistem di dalam tubuh.😉


Akibat kekurangan magnesium bagi ibu hamil

⚡Bayi berpotensi lahir prematur

Jika sangat kekurangan magnesium, maka otot tidak dapat rileks setelah muncul kontraksi. Hal ini menyebabkan ibu hamil merasa kram dan dapat menimbulkan kontraksi secara prematur😞. Apabila ini terjadi, maka ibu hamil memiliki risiko untuk melakukan persalinan secara prematur.

💨Mudah merasa lelah

Salah satu tanda yang ditemui jika kekurangan magnesium yakni kelelahan dan jantung menjadi berdebar-debar. Maka dari itu, jangan menyepelekannya, ya!

☁️Sering merasa kram

Salah satu manfaat dari mengonsumsi magnesium adalah untuk merilekskan otot, maka jika magnesium tidak dikonsumsi dengan tepat, ibu hamil akan merasa kram pada betis dan perut terasa sakit tanpa alasan yang jelas. Padahal, itu merupakan salah satu tanda✅ kekurangan magnesium.


Makanan yang mengandung magnesium

🐟Ikan

Kandungan magnesium pada ikan laut seperti makarel atau ikan salmon cukup tinggi. 178 gram ikan salmon mengandung 53 miligram magnesium atau sama dengan 13 persen asupan magnesium harian.

🍌Pisang

Buah pisang sangat terkenal akan kandungan magnesium di dalamnya. 100 gram pisang mengandung 45 miligram magnesium. Akan tetapi, jika ibu hamil🤰 memiliki penyakit diabetes, maka disarankan untuk menghindari pisang matang karena tinggi karbohidrat dan gula.

❤️Kacang-kacangan

Kacang-kacangan baik dikonsumsi karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Kacang almond dengan berat 1 ons mengandung 80 miligram magnesium atau sama dengan 20 persen kebutuhan harian📝. Tidak hanya kacang almond, kacang-kacangan lainnya juga tidak kalah jumlah kandungannya.

✔️Biji-bijian

Biji-bijian yang paling banyak mengandung magnesium yaitu biji rami dan biji bunga matahari. Kandungannya mencapai 350 miligram dan 420 miligram. Selain biji bunga matahari dan biji rami, ada juga biji chia dan biji wijen yang baik untuk dikonsumsi. Perlu diingat, tidak dianjurkan untuk menambahkan perasa untuk menghindari kelebihan natrium.🧂