post-title

Sering Kesemutan saat Hamil?

Kesemutan✨ adalah hal yang wajar dan merupakan salah satu gejala yang dirasakan oleh ibu hamil. Kesemutan menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi bukan suatu hal yang berbahaya. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut bahasan selengkapnya!


Penyebab kesemutan saat hamil

📏Ukuran janin yang membesar

Janin yang semakin besar akan menambah tekanan pada saraf dan sendi. Hal ini dapat memicu munculnya kesemutan pada ibu hamil.

😞Aliran darah terputus 

Adanya penekanan pada saraf membuat aliran darah ke saraf terputus, sehingga darah yang dibutuhkan oleh tubuh akan berkurang. Hal ini juga mengakibatkan pengiriman sinyal ke otak🧠 terhambat yang menyebabkan timbulnya kesemutan.

📌Menderita Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel merupakan gangguan karena adanya penekanan pada saraf pengontrol indera untuk merasakan dan menggerakkan tubuh. Adanya peningkatan dan penumpukan cairan menyebabkan tekanan pada tangan✋ dan jari, sehingga terjadi kesemutan.

☁️Kurang beraktivitas

Berdiam diri pada posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama akan menghambat aliran darah. Hal ini akan menyebabkan timbulnya kesemutan.


Bagaimana mengatasi kesemutan saat hamil?

🚿Mandi dengan air hangat

Air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga kesemutan akan berkurang karena adanya rasa hangat pada bagian yang kesemutan.

✔️Pijat lembut badan yang kesemutan

Pijat dengan lembut bagian tubuh yang kesemutan. Ibu hamil🤰 dapat menggunakan bantal dan memposisikan tubuh dengan nyaman. Perlu diingat, saat melakukan pijat pastikan dilakukan oleh terapis khusus.

💭Mengubah posisi tubuh

Hindari berdiam diri pada posisi yang sama dan terus mengubah posisi tubuh agar aliran darah dapat mengalir ke seluruh tubuh dengan lancar.


Cara menghindari kesemutan

👚Tidak memakai pakaian yang terlalu ketat

Memakai pakaian ketat akan mempersulit gerak dan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan kesemutan. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memakai pakaian terlalu ketat saat hamil😉.

❤️Sering menggerakkan badan

Menggerakkan badan dengan berolahraga atau yoga dengan rutin adalah salah satu cara untuk menghindari kesemutan. Aliran darah pada tubuh akan bekerja dengan lancar dan terhindar dari kesemutan.

🍽️Asupan makanan yang mengandung B6

Vitamin B6 dapat membantu melindungi kesehatan saraf pada tubuh. Biji bunga matahari, bawang putih, sayuran hijau, dan alpukat🥑 merupakan contoh makanan dengan kandungan B6 yang tinggi.

🥣Mengurangi makanan bernatrium tinggi

Makanan yang tinggi natrium seperti kacang-kacangan dengan perasa asin, daging asap🥩 yang diasinkan, maupun makanan lainnya yang dirasa asin dapat menyebabkan tekanan darah dan cairan pada tubuh meningkat.