post-title

Tulang Rusuk Sakit saat Hamil

Salah satu hal yang dirasakan oleh ibu hamil adalah merasakan sakit⚡ pada tulang rusuk. Banyak hal yang menjadi faktor timbulnya rasa sakit pada tulang rusuk saat hamil. Berikut penjelasannya.


Apa saja penyebab tulang rusuk sakit saat hamil?

👶Berkembangnya janin

Seiring berjalannya usia kandungan, maka perkembangan janin juga semakin meningkat. Berat janin yang semakin meningkat dapat menekan otot-otot pada tulang rusuk dan menyebabkan sakit atau nyeri.😞

✨Berubahnya hormon

Hormon relaksin dan progesteron akan meningkat untuk membantu melonggarkan otot pada tubuh ibu hamil🤰. Akan tetapi, otot yang melonggar dapat menimbulkan rasa sakit di tulang rusuk dan bagian tubuh lainnya.

📌Tendangan dan perubahan posisi janin

Pada akhir trimester kedua, janin dapat berpindah posisi. Kaki dan kepala janin dapat berpindah posisi sehingga tulang rusuk akan tertekan. Tidak hanya itu saja, jika janin mulai menggerakkan tangan dan kaki🦶, maka tulang rusuk akan terasa nyeri.


Tips atasi tulang rusuk yang sakit ketika hamil!

👚Memakai pakaian yang nyaman dan tidak ketat

Pakaian ketat membuat pergerakan badan terbatas. Hal ini dapat memperparah rasa sakit di tulang rusuk dan dapat menimbulkan sesak napas.💨

💭Mengompres dengan kompres hangat

Mengompres dengan sesuatu yang hangat pada bagian yang terasa sakit dapat meredakan rasa sakit atau nyeri. Anda bisa meletakkannya di tulang rusuk yang dirasa sakit.

⚖️Mengatur berat badan

Berat badan yang meningkat secara berlebihan akan menyebabkan nyeri dan sakit pada tulang rusuk dan bagian tubuh yang lain. Perhatikan konsumsi makanan harian Anda, dan konsultasikan ke dokter👩‍⚕️ agar tidak terjadi obesitas.

✅Berolahraga secara rutin

Rutin menggerakkan badan dengan berolahraga maupun aktivitas lainnya akan mengurangi rasa nyeri pada tulang rusuk. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi kepada dokter🏥 sebelum melakukan olahraga supaya lebih aman.