post-title

Kaki Kram saat Hamil?

Ibu hamil seringkali mengalami kram kaki🦵 saat trimester kedua dan ketiga. Namun, jangan khawatir, hal ini sangat wajar dialami ibu hamil. Yuk, simak lebih lanjut apa saja penyebabnya dan tips mengatasinya!


Mengapa kaki kram sering terjadi pada ibu hamil?

✨Ukuran perut yang membesar

Perut dan rahim yang semakin besar menyebabkan beberapa otot menghalangi sirkulasi darah pada kaki yang menuju saraf dan jantung, sehingga ibu hamil🤰 sering mengalami kram pada kaki. 

💭Tubuh kurang bergerak

Badan yang semakin berat saat hamil membuat ibu hamil malas untuk bergerak. Kebiasaan ini dapat meningkatkan potensi ibu hamil untuk mengalami kaki kram.

⏲️Berdiri terlalu lama 

Salah satu penyebab kram yang sering tidak kita sadari adalah ketika kita berdiri ataupun duduk bersila dalam jangka waktu yang lama. Hal ini terjadi karena adanya tekanan yang terus menerus sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancar.😞

🥛Kurang asupan mineral dan kalsium

Penelitian menyatakan bahwa kram dapat disebabkan oleh kurangnya kandungan potassium, magnesium, dan kalsium dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

❤️Perubahan hormon

Perubahan hormon yang sering terjadi selama kehamilan memiliki pengaruh yang besar bagi ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami rasa sakit⚡, nyeri, dan kram pada kaki. 

😖Kelelahan 

Ibu hamil seringkali merasa lelah karena membawa bayi di dalam perutnya setiap hari. Hal ini dapat menimbulkan kontraksi otot pada kaki🦶 dan kram. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan tidak membawa barang yang terlalu berat, dan menghindari berdiri atau berjalan terlalu lama.


Bagaimana cara mengatasinya?

📌Memijat kaki secara perlahan

Melenturkan kembali otot-otot kaki dengan cara memijat secara perlahan dapat mengurangi nyeri dan kram kaki. Supaya merasa lebih nyaman dan rileks bisa menggunakan minyak🪔 esensial saat memijat. 

💨Melakukan peregangan

Meluruskan dan melemaskan kaki secara perlahan dapat meredakan kram yang dialami ibu hamil. Selain itu, berjalan pelan-pelan🚶‍♀️ sekitar 15 menit juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan melancarkan sirkulasi darah pada kaki. 

🌊Mengompres kaki dengan air hangat

Anda dapat mengisi botol dengan air hangat lalu mengompresnya pada kaki yang terasa kram. Mengompres dengan air hangat dapat membantu membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks.🍃 


Tips mencegah kaki kram ketika hamil

🍲Konsumsi makanan bernutrisi

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan bernutrisi yang memiliki kandungan mineral dan kalsium yang tinggi. Pisang🍌 menjadi salah satu buah yang bermanfaat untuk mencegah kram kaki karena memiliki kandungan mineral potassium dan kalium yang tinggi. 

✔️Olahraga secara rutin

Ibu hamil disarankan untuk berolahraga ringan secara rutin agar mengurangi risiko kram kaki dan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol dengan baik. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter👩‍⚕️ mengenai olahraga yang tepat bagi kondisi kehamilan Anda. Hal ini karena kondisi kehamilan tiap ibu hamil berbeda-beda. 

⚖️Menjaga berat badan 

Berat badan yang terus bertambah selama hamil merupakan hal yang wajar. Namun, ibu hamil sebaiknya tetap menjaga berat badan agar tidak berlebih dan membantu mengurangi risiko kram kaki😊.