post-title

Bayi Tabung, Apa Itu?

Mempunyai anak bagi beberapa pasangan merupakan hal yang tidak mudah. Hal ini sering menjadi sebuah masalah di dalam rumah tangga. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena di zaman yang serba teknologi ini masalah seperti ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya, seperti dengan mengikuti program bayi tabung. Apa sih bayi tabung itu?👶 Apakah ada hubungannya dengan tabung? 


Mengetahui lebih dalam bayi tabung

🤔Apa yang dimaksud dengan bayi tabung? 

Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan metode yang dapat mempermudah proses pertemuan antara sel telur dengan sperma, yaitu proses pembuahan dilakukan di luar tubuh, dengan mempertemukan sperma dengan sel telur di dalam tabung. Proses ini menjadi solusi bagi pasangan yang mempunyai gangguan kesuburan🌱.

🙋Apakah mungkin untuk memiliki bayi kembar? 

Jika pada tahap transfer embrio terdapat dua embrio yang ditanamkan, atau terdapat satu embrio membelah diri, hal ini dapat memperbesar kemungkinan untuk memperoleh anak kembar.

📝Faktor yang memengaruhi suksesnya program bayi tabung 

Usia calon ibu dan kualitas sel telur menjadi faktor utama yang memengaruhi suksesnya program ini😊. Bertambahnya usia calon ibu dapat menurunkan kualitas sel telur serta dapat menyebabkan adanya kelainan kromosom pada embrio.


Kondisi yang cocok untuk merencanakan program bayi tabung

✨Gangguan pada saluran tuba falopi 

Program bayi tabung ini disarankan untuk perempuan yang mengalami kesulitan untuk hamil karena adanya penyumbatan pada saluran tuba falopi. 

⚡Mengalami masalah pada sperma

Azoospermia merupakan istilah dimana laki-laki tidak memiliki sperma sama sekali. Gangguan ini atau gangguan sperma lain seperti memiliki sangat sedikit sel sperma menyebabkan sulit untuk membuahi sel telur dan membuat perempuan sulit untuk hamil🤰.

☁️Unexplained fertility

Pasangan yang sulit untuk memiliki anak walaupun sudah menjalani berbagai macam pemeriksaan dengan hasil normal disarankan untuk mengikuti program bayi tabung. 

🥚Masalah pada pematangan sel telur 

Anovulasi adalah suatu kondisi dimana proses pembuahan tidak dapat terjadi karena adanya kegagalan dalam pematangan sel telur. Program bayi tabung menjadi solusi💡 untuk perempuan yang ingin memiliki anak namun memiliki masalah ini. 

📌Mengalami penyakit kista cokelat atau endometriosis

Masalah kesuburan dapat dialami perempuan yang memiliki penyakit endometriosis. Penyakit ini dapat menyebabkan embrio menjadi tidak normal akibat dari ketidakseimbangan hormon dan kualitas sel telur yang kurang baik.😞


Persiapan yang harus dilakukan

👩‍🦱Melakukan pengecekan pada perempuan

Pengecekan awal pada perempuan seperti kualitas sel telur dan penyakit yang dapat memengaruhi kualitas sel telur sangat diperlukan agar dapat menghasilkan embrio yang normal. Pengecekan ini juga bertujuan untuk membantu dokter👩‍⚕️ memastikan tindakan apa yang diperlukan. 

👨Melakukan pengecekan pada laki-laki

Laki-laki harus melakukan pengecekan awal terlebih dahulu sebelum perempuan karena menurut penelitian, 35% penyebab masalah kesuburan adalah karena sperma. Tujuan dari pengecekan ini adalah mengetahui kondisi sel sperma atau penyakit yang dimiliki laki-laki.

✔️Pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan berolahraga ringan sangat disarankan sebelum Anda dan pasangan menjalankan program bayi tabung. Hal ini dapat membantu pasangan untuk mempertahankan kualitas sel telur dan sel sperma agar menghasilkan embrio yang normal.💖

💵Biaya yang dibutuhkan 

Selain mempersiapkan diri, persiapan finansial juga harus dilakukan untuk mengikuti program bayi tabung. Besarnya biaya tergantung pada tindakan apa saja yang dilakukan, fasilitas, dan biaya pengobatan pasien🏥. Di Indonesia, program ini membutuhkan biaya sebesar 40 hingga 80 juta rupiah.