post-title

Kepala Bumil Pusing?

Terdapat berbagai perubahan dan gejala yang terjadi pada seorang wanita ketika hamil. Salah satunya, kepala pusing. Hal ini cukup sering dialami oleh ibu hamil🤰. Tidak perlu khawatir, berikut ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan tips mengatasinya untuk Anda!


Apa saja penyebab yang membuat ibu hamil pusing?

✨Mengalami tekanan darah rendah

Sampai minggu ke-24 kehamilan, ibu hamil umumnya mengalami tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah disebabkan oleh aliran darah lebih banyak dialirkan pada janin👶.

🛏️Berbaring terus-menerus

Berbaring terus-menerus dapat menyebabkan aliran darah ke otak🧠 menurun yang membuat kepala pusing. Biasanya hal ini terjadi pada kehamilan trimester ketiga.

💡Perubahan yang terjadi pada hormon

Perubahan yang terjadi pada hormon saat hamil menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih rileks yang membuat aliran darah ke otak menurun yang memicu tekanan darah rendah sehingga membuat kepala pusing💨.

⚡Memiliki gangguan kesehatan

Memiliki gangguan kesehatan seperti asma, hipertensi gestasional, anemia, diabetes gestasional dapat menyebabkan kepala pusing pada ibu hamil. Morning sickness🤮 yang cukup parah seperti hyperemesis gravidarum juga dapat membuat ibu hamil dehidrasi dan kekurangan gula darah dalam tubuh yang membuat pusing.


Tips atasi pusing ketika hamil!

😉Hindari berada pada satu posisi terlalu lama

Hindari diam pada satu posisi seperti rebahan, berdiri, atau duduk terlalu lama. Usahakan untuk ingat berganti posisi agar aliran darah ke otak🧠 tetap lancar. Selain itu, ketika berdiri dari posisi duduk maupun sebaliknya, lakukan dengan perlahan.

🚿Tidak mandi dengan air hangat dalam waktu yang terlalu lama

Ibu hamil tentunya boleh-boleh saja mandi dengan air hangat. Tapi, hindari terlalu lama, cukup 10 menit saja. Hal ini karena mandi atau berendam dengan air hangat terlalu lama dapat membuat suhu tubuh🌡️ menjadi naik yang menyebabkan ibu hamil dehidrasi hingga pusing.

🥣Tidak telat makan

Hindari telat makan karena bisa menyebabkan pusing. Makan🍽️ secara teratur dan tepat waktu serta makan makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, hindari makan dengan porsi yang terlalu banyak karena dapat menyebabkan ibu hamil mual. Makanlah dalam porsi sedikit namun sering.

👩‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Apabila pusing yang ibu hamil alami disebabkan oleh masalah kesehatan seperti tekanan darah rendah, morning sickness yang parah, atau diabetes, maka sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter. Dokter akan memberikan resep obat💊 yang aman bagi Anda. Hindari minum obat saat hamil tanpa pengawasan dokter.