post-title

Perut Buncit atau Hamil?

Perut yang semakin membesar adalah hal yang cukup menakutkan, apalagi bagi para wanita. Khususnya, hal ini membuat wanita yang telah menikah bertanya-tanya, apakah itu karena terlalu banyak makan atau hamil ya?🤔 


Apa saja yang membedakan perut hamil dan perut buncit akibat lemak?

🚽Frekuensi buang air kecil meningkat 

Perut membuncit yang disertai dengan gejala sering buang air kecil merupakan salah satu gejala umum kehamilan. Yang memicu terjadinya hal tersebut adalah jumlah konsumsi air pada ibu hamil yang meningkat karena ibu hamil lebih sering merasa haus.🧊 

🤏Perut buncit karena hamil sulit dicubit

Perut buncit pada ibu hamil sulit dicubit karena keras dan kencang. Berbeda dengan perut buncit akibat badan yang menggemuk, terdapat gelambir dan lipatan akibat lemak✨ yang menumpuk. Perut buncit karena lemak dapat dihilangkan dengan melakukan aktivitas seperti olahraga.

💭Menstruasi atau tanda kehamilan?

Munculnya bercak darah atau flek bisa dianggap sebagai tanda dari siklus menstruasi yang tidak teratur. Akan tetapi, bagi wanita yang aktif secara seksual❤️, munculnya flek dari vagina merupakan salah satu gejala umum kehamilan. Bercak darah tersebut biasanya keluar 6-12 hari sesudah pembuahan karena terjadinya implantasi yang merupakan proses kehamilan. 

🧻Sulit buang air besar atau sembelit

Pada ibu hamil, tubuh memproduksi hormon progesteron yang dapat memperlambat pergerakan usus. Akibatnya, ibu hamil menjadi sulit buang air besar atau umumnya disebut dengan sembelit. Kondisi yang sering disalahartikan dengan hamil padahal tidak hamil adalah ketika wanita mengalami perut kembung hingga membengkak disertai sembelit.😫


Tanda-tanda kehamilan selain perut yang membesar

🗓️Datang bulan yang terlambat

Dilansir dari Cleveland Clinic, setelah terjadi pembuahan, tubuh wanita memproduksi hormon yang dapat menghentikan siklus menstruasi hingga bayi lahir. Namun, ada pula faktor lain yang memengaruhi terlambatnya siklus menstruasi seperti hormon yang tidak seimbang, stres, pola makan🍴, atau aktivitas olahraga yang berlebihan. 

💡Perubahan pada area puting payudara

Selama trimester pertama kehamilan, tubuh menghasilkan banyak hormon progesteron dan estrogen yang merangsang sel melanosit yang membuat puting menjadi lebih gelap. Selain itu, saat kehamilan, puting juga cenderung membesar untuk persiapan menyusui bayi👶. Ada juga wanita yang mengalami keluarnya cairan dari puting pada masa awal kehamilannya.

🤢Merasa mual dan muntah

Umumnya, ibu hamil mengalami mual dan muntah pada awal kehamilannya. Seringkali rasa mual dan muntah diikuti dengan rasa mengantuk dan kelelahan akibat tingginya kadar hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil.

📌Perubahan pada kulit dan rambut

Selama masa kehamilan, perawatan rambut dan kulit perlu diperhatikan karena keduanya menjadi lebih sensitif. Ada beberapa ibu hamil yang merasa kulitnya menjadi lebih cerah☀️, ada pula yang merasa kulitnya menjadi lebih gelap dan kusam. Area-area yang sering terpapar sinar matahari memerlukan perhatian khusus. 


Waspada terhadap perut buncit

📝Bahaya lemak berlebih di perut

Menjaga ukuran lingkar perut agar tidak terlalu besar sangat penting karena kelebihan lemak di sekitar perut dapat meningkatkan risiko🚨 berbagai penyakit serius seperti hipertensi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, bahkan kanker.

🙋Perut buncit bukan hanya soal kehamilan, apa saja ya penyebabnya?

Perut buncit tidak selalu menandakan kehamilan. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan perut membesar seperti fluktuasi hormon, stres, menopause, kanker ovarium, irritable bowel syndrome (IBS), dan tumor.