post-title

Bumil Bekerja Depan Laptop, Aman?

Di era digital saat ini, bekerja menggunakan laptop👩‍💻 sudah menjadi hal yang biasa, termasuk bagi ibu hamil. Hal tersebut terkadang sulit dihindari karena adanya tuntutan pekerjaan yang harus dipenuhi. Namun, seringkali kekhawatiran timbul bagi para ibu hamil mengenai dampaknya terhadap bayi dalam kandungan. 


Ingin bekerja menggunakan laptop di kala hamil

🙋Aman tidak ya?

Dikutip dari Baby Center, Lori Wolfe, CGC Director of Texas Teratogen Information Service dan juga seorang penasihat genetik mengatakan bahwa ibu hamil tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, lho! Hingga saat ini, penelitian yang sudah dilakukan belum menemukan bukti negatif terkait penggunaan laptop oleh ibu hamil.😉

👶Apakah radiasi laptop berbahaya untuk bayi?

Berdasarkan informasi yang didapat dari Baby Center, radiasi yang dihasilkan laptop adalah radiasi non-pengion, berbeda dengan radiasi pengion yang dikeluarkan sinar-X. Kadarnya pun rendah sehingga tidak akan membahayakan bayi. 

🤓Bagaimana pandangan ahli terhadap hal tersebut?

Robert Brent, MD, PhD dan Lori Wolfe, M.S., berpendapat bahwa ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir dengan bahaya radiasi karena penggunaan laptop. Hanya saja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan💡 oleh ibu hamil saat bekerja di depan laptop.


Tips melindungi kesehatan ibu hamil yang bekerja di depan laptop

❤️Sering istirahat dan melakukan peregangan  

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center, ibu hamil🤰 perlu banyak istirahat saat bekerja di depan laptop untuk menghindari merasa nyeri, pembengkakan, aliran darah tidak lancar.

💻Memposisikan laptop dengan benar

Penempatan laptop saat bekerja perlu diperhatikan. Posisikan laptop dengan benar di atas meja dengan jarak yang tidak terlalu dekat agar tidak merusak mata. Bagian bawah laptop mengeluarkan panas☀️, karena itu hindari meletakkan laptop di atas pangkuan atau di atas perut.

✔️Meningkatkan konsumsi air putih 

Seringkali, karena terlalu fokus bekerja, tingkat konsumsi air putih jadi menurun. Padahal, minum air putih🥛 yang cukup sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

📌Menyangga punggung dengan bantal 

Cara lain untuk hindari nyeri dan pegal adalah dengan menggunakan bantal untuk menyangga punggung bagian bawah.